Anak Karyawan PKT Raih Nilai UN Tertinggi se Kaltim

share on:
Bariq Ghazala, siswa SMA YPK

UPDATE BONTANG - Bontang patut berbangga terhadap Bariq Ghazala, siswa SMA YPK yang menorehkan prestasi gemilang pada UNBK 2019. Remaja kelahiran Magelang 5 Mei 17 tahun silam itu meraih nilai UN tertinggi, untuk program IPA se-Kaltim.

Tak ayal, putra kebanggaan Manajer Departemen Lingkungan Hidup (LH) Pupuk Kaltim, Akhmad Syamsul Arief itu mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Tak Ketinggalan, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni pun turut menyampaikan ucapan selamat kepada Bariq Ghazala.

"Atas nama pemerintah dan pribadi, saya ucapkan selamat kepada Bariq Ghazala peraih nilai UN 2019 tertinggi se kaltim untuk program IPA," ujar Neni

Diketahui, pria yang bercita-cita menjadi peneliti material kelak itu tak menyangka hampir berhasil mendapat nilai sempurna dari semua mata pelajaran yang diujikan. Bariq panggilan akrab dia, mendapatkan nilai 100 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris. Serta 96 untuk  Bahasa Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumber, remaja memiliki mata pelajaran favorit, yakni Fisika. Hal itu ia buktikan dengan meraih perunggu bidang astronomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Kota Padang Sumatera Barat 2018.

Namun untuk mencapai prestasi luar biasa itu, Bariq rupanya punya kedisiplinan ilmu dalam belajar. Kedisiplinan itu tidak hanya ia terapkan ketika di sekolah, melainkan berupaya memenuhi target belajar mandiri di rumah, ditambah les fisika.

Selain dikenal pandai, teliti, rajin dan tepat waktu, Bariq juga dikenal sebagai sosok siswa yang taat beribadah. Bahkan beberapa guru menyebut, siswanya itu rajin shalat berjamaah di Masjid. Hal itu dibenarkan oleh Kepala SMA YPK, Rakim.

Biasanya setelah selesai shalat maghrib, Bariq langsung membuka mengulang pelajaran yang telah diajarkan di sekolah, dilanjutkan Bada Isya beberapa jam jelang istirahat. "Karena itulah kami ikut bangga dengan pencapaian Bariq,” tutur Rakim

Sementara bagi Bariq, “belajar itu menyenangkan” sebagai salah satu kunci penting agar bisa fokus saat belajar. “Kunci belajar sukses, harus serius perhatikan saat guru menjelaskan di sekolah serta bisa mengatur jadwal belajar rutin hingga berdoa dan meminta restu orangtua," bebernya.

Demi impiannya, Bariq kini telah terbang ke Bandung untuk melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Disana, ia diterima sebagai mahasiswa jurusan Teknik Material setelah mengikuti seleksi Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2018/2019.

“Setelah selesai di ITB, saya berencana langsung lanjut studi S2 di luar negeri," timpal Bariq dengan nada optimis.

Dikutip dari laman kompas.com, peraih nilai sempurna ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2019 disabet oleh Hafidh Rifai Kusnanto (17), seorang anak penjual mainan anak-anak di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Siswa kelas XII IPA 6 SMAN 4 Surakarta ini meraih nilai rata-rata 100 pada empat mata pelajaran (mapel), yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, dan Bahasa Inggris.

Remaja yang pernah menyabet medali perak dalam Olimpiade Astronomi tingkat nasional di Riau pada 2017 itu kabarnya telah diterima di Jurusan Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. *

Penulis : Sena



share on: