BUMN Hadir Untuk Negeri, Pupuk Kaltim Mengajar di SMA 3 Bontang

share on:
GM Umum PT Pupuk Kaltim, Nur Sahid Menyerahkan Hadiah Quis Kepada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bontang, Pada Program Pupuk Kaltim Mengajar (Foto-Fauzie/Humas Pupuk Kaltim)

UPDATE,BONTANG,- PT Pupuk Kaltim kembali akan menyambangi sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bontang, melalui salah satu program unggulannya, yakni Pupuk Kaltim Mengajar.

 

General Manager (GM) Umum Pupuk Kaltim, Nur Sahid mengatakan, pasang surutnya gelombang perubahan pendidikan menjadi tantangan bangsa ini ke depan dalam memajukan peradaban bangsa, sekaligus melestarikan kekayaan alam maupun keragaman yang dimiliki Bangsa Indonesia.

 

“Pupuk Kaltim selaku anak perusahaan BUMN berkewajiban untuk turut serta menjadi bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sejalan dengan misi Perusahaan, yakni pemberian manfaat optimum bagi pemegang saham, karyawan, masyarakat, serta peduli pada lingkungan,” tutur saat menggelar roadshow perdana program Pupuk Kaltim Mengajar di SMA Negeri 3 Bontang, Jumat (31/8) pagi.

GM Umum PT Pupuk Kaltim, Nur Sahid didampingi Manager CSR Dwi Pudyasmoro (tengah baju putih) bersama Siswa-Siswi Kelas X SMA Negeri 3 Bontang

Menurutnya, salah satu cara mencerdaskan kehidupan berbangsa adalah melalui program Manajemen Pupuk Kaltim Mengajar. “Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kontribusi Manajemen Pupuk Kaltim terhadap kecerdasan kehidupan bangsa,” tuturnya.

 

Selain itu, program tersebut menjadi bagian dalam membangun pemahaman kepada para pemangku kepentingan di lingkungan Pupuk Kaltim dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui pemberian pendidikan kepada generasi muda Kota Taman.

 

Saat dikonfirmasi, Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pupuk Kaltim, Dwi Pudyasmoro menambahkan, sasaran utama program Pupuk Kaltim Mengajar adalah perusahaan ingin menyampaikan kepada masyarakat tentang keberadaan Pupuk Kaltim di Bontang. Yang kedua ingin menyampaikan kepada para pelajar bahwa sejumlah profesi bisa dijalani ketika ingin bergabung dan bekerja di Pupuk Kaltim kelak.

 

“Materi yang diberikan dalam program Pupuk Kaltim mengajar adalah seputar profesi yang ada di Pupuk Kaltim, kemudian apa itu Pupuk Kaltim, dan bagaimana Pupuk Kaltim beroperasi mulai dari proses pengolahan bahan baku hingga menjadi produk, melalui berbagai tahapan proses produksi,” terang Dwi.

 

Dikatakan Dwi, program tersebut dilakukan secara berkelanjutan dan dilaksanakan sekali dalam satu bulan di sekolah SMA atau SMK yang berbeda sekaligus mensosialisasikan beberapa program CSR perusahaan, sehingga masyarakat bisa memahami apa saja kepedulian Pupuk Kaltim terhadap kemajuan Kota Bontang.

 

“Program ini berkelanjutan, artinya akan dilakukan setiap bulan di setiap sekolah berbeda. Namun didahulukan wilayah Buffer Zone perusahaan terlebih dahulu baru menyisir sekolah SMA atau SMK lainnya,” tungkasnya.

 

Sementara itu, Sumardiansyah dan Junaidi, dua dari ratusan siswa kelas X SMA Negeri 3 Bontang yang mendapat pembekalan dari Program Pupuk Kaltim Mengajar mengaku senang lantaran materi yang diberikan dapat menambah motivasi dan memompa semangat belajar, baik dibangku sekolah maupun setelah duduk di bangku kuliah nantinya.

 

“Materinya sangat bagus dan dapat memompa semangat belajar supaya bisa sukses dalam meraih impian dan cita-cita kedepan,” kata Sumardiansyah, siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Bontang yang bercita-cita ingin kuliah teknik sipil di Makassar itu

 

Keduanya pun berharap agar Pupuk Kaltim terus maju dan berkembang sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

 

“Semoga Pupuk Kaltim terus jaya dan maju supaya terus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” pungkas Junaidi, siswa Kelas X IPS I SMA Negeri 3 Bontang yang juga bertekad bisa kuliah pada salah satu perguruan tinggi di Jakarta kelak.

 

Patut diketahui bahwa selain memberikan materi seputar profesi dan proses produksi yang di perusahaan, program Pupuk Kaltim mengajar kali ini juga dirangkai dengan penyerahan bantuan perlengkapan sekolah, berupa PC Komputer 1 unit, Printer HP 2  Unit, LCD Proyektor 1 Unit, AC 2 PK 2 Unit. Dengan total keseluruhan jika dirupiahkan mencapai Rp 17. 700.000 rupiah (*).

Wartawan : Sena


share on: