Getaran Gempa Sulteng Terasa Hingga Kaltim

share on:

UPDATE.SAMARINDA,- Gempa berkekuatan 7.4 skala richter (SR) dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut yang mengguncang Provinsi Sulawesi Tengah, sejak Jumat (28/9) siang hingga petang turut dirasakan masyarakat Kalimantan Timur.

Getaran gempa tersebut terasa hingga kawasan Kalimantan Timur, seperti Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Timur, Balikpapan, dan Bontang.

"Iya dirasakan warga. Memang kalau ada gempa besar seperti itu di wilayah tersebut pasti sangat terasa sampai ke Kaltim. Apalagi di kawasan pesisir Kaltim dan Kaltara," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kota Balikpapan Mujianto.

Tak hanya getaran. Bahkan jika terjadi tsunami juga bisa berdampak ke daerah Kaltim. Yakni terjadi peninggian terhadap kondisi pasang air laut. "Jika terjadi tsunami besar, bisa berdampak ke kita (Kaltim)," terangnya.

Dari informasi yang diterima, pusat gempa berada di 0,18 LS, 119.85 BT atau 27 km Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah memicu terjadinya Tsunami yang menerjang Palu dan Donggala.

Akibat bencana ini sedikitnya tujuh korban telah ditemukan meninggal dunia dan puluhan orang luka-luka. Selain itu puluhan bangunan juga dilaporkan rusak parah.

Sementara itu, tim gabungan yang terdiri dari BNPB, BPBD, Basarnas, maupun TNI-Polri dan petugas kesehatan saat ini masih terus melakukan evakuasi terhadap korban gempa dan Tsunami. (*)

Sena Arizona


share on: