Herlan Mappatiti Sorot Kenakalan Remaja

share on:
Bekas Gedung Kampus STAIS Dipenuhi Bungkusan Komix

SANGATTA - Anggota Komisi D DPRD Kutai Timur, Herlan Mapatiti, ikut mengecam maraknya penyalahgunaan obat batuk Komis dikalang remaja.

Baru-baru ini, unggahan video di akun Facebiok Reff Lubis jadi sorotan. Akun milik Ketua BPPD Kutai Timur Rustam Efendi Lubis itu mempertontonkan kenakalan remaja di bekas kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

Gedung tak terurus yang berada di Jalan Apt Pranoto, Sangatta Utara itu terlihat penuh dengan bungkusan komix dan botol Alkohol 70%.

Menanggapi hal ini,  Herlan Mappatiti menuturkan perlunya kerjasama dari semua pihak untuk menanggulangi penggunaan komix untuk mabuk mabukan.

Menurutnya, kebiasaan ngomix yang dilakukan oleh para remaja ini adalah salah satu bentuk kenakalan remaja yang tidak bisa didiamkan begitu saja.

Ia menegaskan perlunya kerjasama dari semua pihak, terutama peran aktif orang tua dalam menjaga dan mengawasi perilaku dan pergaulan anak diluar rumah.

"Mereka itu adalah generasi penerus bangsa, kenakalan semacam ini tidak bisa didiamkan begitu saja, perlu peran aktif semua pihak untuk mengatasi kenakalan ini, terutama peran aktif orangtua dalam mengawasi dan menjaga pergaulan anak-anak mereka,"tuturnya saat di hubungi via telephone, (7/4/2018).

Selain itu, belum adanya payung hukum yang mengatur mengenai peredaran obat batuk terutama jenis komix yang sering disalah gunakan oleh para remaja ia akui jadi kendala utama dalam melakukan penindakan.

"Sudah pernah saya usulkan untuk pembuatan baik berupa surat keputusan Bupati ataupun peraturan daerah (Perda) tapi belum ada tindak lanjut dari pemerintah," tungkasnya. 

Hal serupa diutarakan Kapolsek Sangatta Utara Iptu Slamet Riyadi. Ia mengaku telah mendapat informasi mengenai rutinitas kegiatan ngomix para remaja di tempat tersebut. 

Dan telah mengarahkan anggotanya untuk melakukan patroli rutin dan mengawasi tempat rawan lainnya.

"Anggota akan melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai perlunya peran penting orangtua dalam mengawasi pergaulan anak anaknya. Selain itu patroli rutin untuk menanggulangi kegiatan negatif para remaja ini juga akan digalakkan sebagai salah satu tindakan preventif," tegasnya.

Reporter - Ekky | editor : Sena


share on: