HUT RI ke 73, Pengibaran Bendera di Warnai Sejumlah Kisah Haru

share on:
Yohanes Ande Kala Marcal (13) Spontan Memanjat Tiang Bendera di Desa Silawan, Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

JAKARTA,- Sejumlah kisah haru turut mewarnai upacara pengibaran bendera merah putih pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Mulai dari aksi memanpanjat tiang bendera hingga celana petugas pengibar bendera melorot.

 

Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Peristiwa diawali di perbatasan Indonesia Timor Leste, tepatnya di Desa Silawan, Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT), aksi heroik siswa kelas dua SMPN Silawan bernama Yohanes Ande Kala Marcal (13). Aksi bocah belasan tahun ini mendadak viral usai memanjat dan memperbaiki tali yang akan digunakan untuk mengikat bendera terputus.

Yohanes Ande Kala Marcal (13) Spontan Memanjat Tiang Bendera di Desa Silawan, Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.


Menariknya sebelum melakukan aksunya, Yohanes sempat dikabarkan sakit, namun saat mendengar kabar melalui mikrofon pengeras suara bahwa tali bendera terputus dan tersangkut ujung tiang bendera , Yohanes sontak bergegas menuju tiang bendera.

"Tampa pikir panjang Yohanes langsung memanjat dan berhasil meraih ujung tali bendera yang tersangkut di ujung tiang lalu menggigitnya hingga kebawah," kata Kakak kandung Yohanes, Siquito Humberto Marcal.

Berkat jasanya, Upacara HUT ke 73 RI kembali berjalan normal. Kini si boca heroik itu tengah berada di Jakarata bersama keluarganya atas undangan Menpora.

 

Klaten-Jawa Tengah

Hal serupa terjadi di Lapangan Barepan, Cawas, Klaten, Jawa Tengah. Bedanya kalau di Desa Silawan dilakukan oleh bocah SMP, namun dalam peristiwa ini dilakukan oleh anggota Babinsa Koramil 20/Cawas Kodim 0723/Klaten.

Babinsa di klaten spontan panjat tiang bendera ambil tali yang putus


Sersan Mayor (Serma) Timbul Prawoto terpaksa harus memanjat tiang bendera dan menyambung kembali tali yang digunakan untuk mengikat bendera juga terputus dan tersangkut di ujung tiang bendera.

 

Berau, Kaltim

Berikutnya di Pulau Maratua Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dalam peristiwa ini Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita yang menjadi inspektur upacara.

Tangisan sejumlah anggota Paskibra pecah lantaran tali pengikat terputus saat bendera hendak dikibarkan. Bahkan salah satu anggota Paskibra putri nyaris pingsan dan harus digotong meninggalkan lapangan upacara akibat tidak kuasa menahan kesedihannya.

Pengibaran bendera pun terpaksa harus dipegang oleh anggota Paskibraka yang bertugas menaikkan bendera hingga upacara selesai.

Anggota TNI dan Polri dibantu warga merebahkan tiang bendera untuk memperbaiki tali yang putus, di Pulau Maratua, Kabupaten Berau, Kaltim, Jumat (17/8)

Seorang pelajar SMA bernama Daniel Danuri juga berupaya memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali yang terputus dan tersangkut. Namun upayanya Daniel gagal karena tiang bendera licin setelah diterpa gerimis sebelum upacara berlangsung.

Akhirnya anggota TNI dan Polri dibantu warga merebahkan tiang bendera untuk memperbaiki tali yang putus. Setelah mengganti bendera dan memperbaiki tali yang terputus, pengibaran bendera pun diulang meski tanpa iringan lagu Indonesia Raya.

 

Sulawesi Barat

Hal unik terjadi di kantor Gubernur Sulawesi Barat.  Celana pengapit pembawa baki bendera dari kepoisian, Bripka Hary Andika melorot usai penjempat bendera di atas podium.

Seorang Pelatih Paskibra memperbaiki Celana Pengapit Pembawa Baki yang Melorot Saat Upacara Peringatan HUT RI ke 73 di kantor Gubernur Sulawesi Barat, Jumat (17/8)

Beruntung pelatih Paskibra langsung berlari ke tengah lapangan memperbaiki celana pengapit pembawa baki yang berasal dari kepolisian itu. (*)

Berbagai Sumber


share on: