Jelang Idul Adha, Harga Pangan Relatif Stabil. Kecuali Cabai

share on:
Sidak Tim Pangan Kota Bontang di Pasar Rawa Indah, Selasa (6/8) pagi

UPDATE.BONTANG- Harga cabai rawit diprediksi akan tetap meroket hingga musim tanam berikutnya. Hal itu dipicu karena stok yang menipis akibat produksi panen yang menurun. Selain itu, lonjakan harga cabai juga dipengaruhi permintaan konsumen yang terus meningkat menjelang Hari Raya Idul Adha. 

"Penyebab kenaikan harga cabai rawit karena sekarang lagi musim kemarau, sehingga tidak semua petani menanam cabai. Walaupun ada yang menanam tetapi produksinya sudah turun," kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian Kota Bontang, Debora Christiani usai Sidak bersama Tim Pangan di pasar Rawa Indah, Selasa (6/8) pagi.

Sekarang ini, harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional berada pada kisaran Rp 80-100 ribu per kilogram. Sedangkan harga jual cabai besar tembus angka Rp 70 ribu per kilogram, naik sekitar Rp 20 ribu dari harga semula, yakni Rp 52 ribu per kilogram. 

"Kendati harga cabai besar naik namun stok masih stabil," ujar Debora. 

Sedangkan harga komoditas pangan lainnya diprediksi tetap stabil, meskipun menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha. "Harga komoditas pangan relatif stabil, kecuali cabai," tegas Debora. (Sena


share on: