Jembatan Yang Diresmikan SBY Putus Akibat Tsunami

share on:
Jembatan IV atau jembatan kuning di pantai Talise Terputus akibat Tsunami

UPDATE.MAKASSAR,- Jembatan IV atau jembatan kuning di pantai Talise yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat rusak parah akibat Tsunami setinggi 1,5 menerjang Palu dan Donggala,  Sulawesi Tengah, Jumat (28/9).

 

Jembatan sepanjang 250 meter itu diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Mei 2006 lalu terputus. Selain merusak jembatan, Tsunami juga menpora-porandakan wilayah pesisir pantai Talise.

 

“Untuk sementara satu Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah lima orang hilang karena terseret Tsunami,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (28/9) malam

 

Sebelumnya Gempa berkekuatan 7,4 skala richter berkedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada pukul 17.02 WIB. Gempa tersebut berada di 0,18 LS, 119.85 BT atau 27 km Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah.

 

“Sebelum gempa utama bermagnitudo 7,4 skala richter terjadi, ada gempa berkekuatan 6,0 skala Richter pada pukul 14.00 Wita. Lalu disusul 31 kali gempa susulan sore harinya,” tutur Sutopo.

 

Direktur Operasi Basarnas, Bambang Suryo menyebutkan, sejauh ini telah ditemukan 7 korban meninggal dunia dari puluhan orang terluka parah akibat dari bencana tersebut. Selain itu puluhan bangunan rumah rusak parah.

 

“Jumlah korban yang berhasil dievakuasi 7 orang meninggal dan 5 selamat, sementara korban lain masih dilakukan pendataan. Smentara petugas dari BNPB, BPBD, Basarnas, maupun TNI-Polri dan petugas kesehatan sedang melakukan evakuasi korban,” pungkasnya. (*)
 

Ucup


share on: