JK: Korban Tewas Akibat Gempa dan Tsunami di Palu-Donggala Bisa Ribuan Orang

share on:

UPDATE INDONESIA,- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memprediksi jumlah korban meninggal akibat gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala serta Kota Palu, Sulawesi Tengah, bisa mencapai ribuan jiwa.
 

Prediksi tersebut disampaikan JK berdasarkan pengalamannya menangani musibah tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam pada 2004 lalu. Saat itu, ada lebih dari 100 ribu orang menjadi korban tsunami di Aceh.

"Itu bisa sampai ribuan. Hari pertama tsunami Aceh itu sejam pertama dilaporkan 7 (korban), sore dibilang 40," ujar JK.
 

Data terbaru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, korban meninggal dunia di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), akibat gempa serta tsunami mencapai 832 orang

 

Jumlah tersebut terdiri dari 821 orang di Palu dan 11 orang di Donggala. BNPB menyebut, meskipun jalur komunikasi masih terputus di Donggala. BNPB menyebut informasi terupdate berada di Palu, Sedangkan dua wilayah lain yang berdampak seperti Donggala, Sigi, dan Parigi, terkendala jalur komunikasi.

 

"Kami tentu sangat terkejut dan akan segera membantu dan simpati seluruh bangsa. Nanti apa yang dibutuhkan tentu pemerintah akan siapkan," ujar JK.

 

Sekarang ini Presiden Joko Widodo akan segera menetapkan status bencana gempa 7,4 SR dan tsunami di Sulawesi Tengah. "Korban meninggal dunia disebabkan oleh 2 hal yaitu tertimpa bangunan kemudian juga diterjang tsunami," tutup JK. (*)

Sena Arizona


share on: