JK Menginginkan Perguruan Tinggi Jadi Pelopor Industri 4.0.

share on:
Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK)

UPDATE.JAKARTA,- Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK)  menekankan pentingnya keterlibatan dunia pendidikan yaitu perguruan tinggi dalam Revolusi Industri 4.0.

 

JK menilai, revolusi Industri 4.0 menuntut pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karenanya, apabila Indonesia tidak meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologinya maka bangsa ini akan jauh tertinggal dari bangsa lain.

 

"Apa Revolusi itu Industri ke-4? Yaitu kita bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata JK saat menghadiri Milad ke-60 Universitas Islam Bandung (Unisba), Sabtu (17/11).

 

Menurut JK, apabila kita tidak mengejar dan tidak ikut serta dalam percaturan ekonomi dengan ilmu pengetahuan itu, maka Indonesia akan tertinggal.

 

"Universitas harus menjadi pelopor dalam kemajuan industri dan ilmu pengetahuan ini," tegasnya.

 

Dunia ini, kata JK, akan menjadi revolusi industri 4.0 yakni, menggunakan ilmu pengetahuan robot. Revolusi industri I ada mesin uap. Industri kedua mass industri. Ketiga, ditemukan komputer dan internet.

 

"Keempat revolusi industri saat ini. Pertanian kita, masih banyak daerah yang mencangkul. Pertanian kita, belum banyak yang pakai mesin," katanya. (*)

Sumber-Republika


share on: