Kantor Samsat Segera Berdiri di Mahakam Ulu

share on:
Kampung Ujoh Bilang, Kabupaten Mahakam Ulu, Kaltim

UPDATE.MAHAKAM ULU,- Dalam Waktu dekat ini, Pemprov Kaltim berencana membentuk Kantor Samsat di Kabupaten Mahakam Ulu. Guna mendukung pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLJ). Apalagi Kaltim saat ini sudah tergabung dalam Samsat Online Nasional (Samolnas).

 

Saat ini hanya Kabupaten Mahakam Ulu yang belum memiliki Kantor Samsat.Karena itu, Pemprov Kaltim sesuai komitmen Gubernur Isran Noor berupaya membentuk Kantor Samsat di Mahakam Ulu. Semoga ini bisa terwujud," kata Ismiati, Kepala Bapenda Kaltim usai menghadiri pembukaan Rakor Pembinaan Samsat Nasional 2018, di Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta, Denpasar Bali, Kamis (15/11).

 

Apalagi kata dia, Gubernur Kaltim Isran Noor telah meneken MoU dengan Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri tentang Samolnas. Dengan begitu Pemprov semakin bersemangat dalam berinovasi guna mendukung peningkatan penghasilan pendapatan asli daerah (PAD). sehingga ke depan tidak lagi tergantung penerimaan dari yang bersumber SDA. Karena itu, diperlukan adanya inovasi untuk itu. Salah satunya pelayanan pajak secara online.

 

"Memang Mahakam Ulu saat ini masih menjadi satu dengan Kutai Barat dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Semoga saja ke depan melalui koordinasi dan komunikasi yang baik, antara Pemprov Kaltim dengan Polri, BPD Kaltim serta PT Jasa Raharja Kantor Samsat di Mahakam Ulu segera terbangun," harapnya.

 

Terlepas dari itu, Pemprov Kaltim juga tetap mendukung suksesnya pelayanan Samsat secara online di wilayah Kutai Barat, khususnya di wilayah terpencil. Ismiati mengklaim sejauh ini Bapenda Kaltim telah menyediakan Samsat Terapung di Sungai Mahakam untuk memudahkan masyarakat Kutai Barat membayar pajak kendaraan bermotor tahunan.

 

"Samsat terapung juga bagian inovasi Pemprov Kaltim agar pelayanan pembayaran pajak kendaraan lebih mudah. Tentu, ini sejalan sesuai arahan Kapolri Jenderal Tito Karnavian agar setiap pemerintah daerah terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor," pungkasnya.. (*)

Sumber-kaltimprov.go.id


share on: