Ketua Komisi D DPRD Kutim Apresiasi Perjuangan Lembaga Adat Besar Kutai

share on:
Ketua Komisi D DPRD Kutai Timur, Angga Redianata

SANGATTA - Ketua Komisi D DPRD Kutai Timur, Angga Redianata memberikan apresiasi terhadap kerja keras lembaga adat besar Kutai yang terus memperjuangkan hak putra-putri Kutim untuk bekerja di perusahaan. 

Angga menuturkan bahwa apa yang dilakukan Lembaga Adat Besar Mutai Kabupaten Kutai Timur mempunyai dampak luas. 

Apa lagi terus memperjuangkan hak tenaga kerja lokal (TKL) supaya diberdayakan atau diserap oleh sejumlah perusahaan yang adan di Kutai Timur layak mendapat apresiasi.

Menurutnya, bentuk perjuangan lembaga adat meruapakan salah satu cara mengurangi pengangguran di Kutim. 

"Apa yang dilakukan adat besar ini layak mendapat apresiasi. Karena baik secara langsung ataupun tidak langsung dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi pengangguran. Serta penyerapan tenaga lokal yang selama ini dinilai kurang diperhatikan oleh perusahaan yang ada di Kutai Timur," tuturnya saat ditemui di Hotel Amar, Kamis (12/4/2018).

Ia menjelaskan, apabila program yang disepakati antara lembaga Adat dengan  denga PT THIESS bejalan lancar, maka dipastikan roda perekonomian Kutai Timur berjalan dengan baik. 

Apalagi dengan terserapnya tenaga kerja lokal maka perputaran ataupun sirkulasi uang akan meningkat di Kutai timur. Itu merupakan indikator bergeraknya roda perekonomian di daerah.

"Jika program ini berjalan dengan baik maka roda perekonomian di Kutai Timur akan berjalan dengan baik. Karena tidak ada pengangguran dan siklus perputaran uang akan lebih banyak di Kutai Timur, hal ini tentu berbeda dan berbanding terbalik jika tenaga dari luar yang di pakai oleh perusahaan," ucapnya. 

Ia menuturkan perlunya peran serta pemerintah untuk ikut memberikan pengawasan terhadap penyerapan tenaga kerja dari luar daerah.

"Pemerintah daerah harus ijut berperan disini. Supaya tenaga kerja lokal bisa terakomodir," tutupnya. 

Reporter - Ekky | editor : Sena


share on: