Komjen Pol Syafruddin Resmi Menjabat Menpan RB

share on:
Komjen Pol Syafruddin (kanan) usai dilantik sebagai Menpan RB di Istana Negara, Jakarta Rabu (15/8)

JAKARTA,- Komjen Pol Syafruddin resmi dilantik sebagai menteri pendayagunaan aparatur negara dan roformasi birokrasi (menpan RB) menggantikan posisi Asman Abnur yang mengundurkan diri.


Asman Abnur memilih mundur dari kabinet kerja usai partainya, yakni partai amanat nasional (PAN) memilih menjadi oposisi dan mendukung Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019.


Asman mengaku mundur lantaran tidak mau menjadi beban bagi Jokowi dan pemerintah. Walaupun Presiden Joko Widodo tidak memintanya mengundurkan diri atau ressufle kabinet.


Pengambilan sumpah dan jabatan terhadap Komjen Pol Syafruddin dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Istana Negara, Jakarta Rabu (15/8) siang.


"Bersediakah saudara diambil sumpah berdasarkan Islam?" kata Jokowi saat mengambil sumpah Syafruddin sebagai Menteri PAN-RB.


"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD NKRI tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Syafruddin mengikuti Jokowi.


Pelantikan terhadap Komjen Pol Syafruddin sesuai Keppres nomor 142 tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri PAN RB Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan tahun 2018-2019.


Sebelumnya, Komjen Pol Syafruddin menjabat sebagai Wakapolri sejak 10 September 2016 menggantikan Jenderal Budi Gunawan yang menjadi Kepala BIN.


Sebelum menduduki jabatan nomor 2 di Kepolisian, Syafruddin lebih dulu menduduki jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) selama kurang lebih tiga tahun.


Pria yang lahir di Makassar 12 April 1961 itu semat menjadi Wakapolda Sumut pada periode 2009-2010. Selanjutnya diangkat menjadi Kapolda Kalsel pada 2010 hingga 2012. Kemudian Kadiv Propam Polri.


Pada tahun 2017, Syafruddin dikukuhkan menjadi Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) di bawah komando Wapres Jusuf Kalla yang merupakan ketua umum.


Sekitar 14 tahun lalu, tepatnya sejak Oktober 2004, Syafruddin sempat menjadi ajudan wakil presiden kala itu, Jusuf Kalla. Syafruddin menjadi ajudan hingga akhir masa jabatan JK di 2009.

Reporter - Sena


share on: