KPU RI : Jokowi-Ma'ruf Segera Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilpres 2019

share on:
Pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo - Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf)

UPDATE INDONESIA,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera tetapkan Joko Widodo - Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 2019.

Hal dikatakan Ketua KPU Arief Budiman usai menghadiri putusan sengketa Pilpres 2019 yang dibacakan majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (27/6) malam.

"Malam ini kita lakukan rapat pleno kemudian menentukan kapan (penetapan)," ucap Arief di gedung MK Jakarta.

Arief  mengatakan rapat pleno itu digelar setelah pihaknya menerima salinan putusan dari MK malam ini. "KPU memiliki waktu tiga hari atau maksimal pada Minggu (30/6) untuk menetapkan Joko Widodo - Maruf Amin sebagai paslon terpilih dalam Pilpres 2019," lanjutnya.

Keputusan rapat pleno nanti, terutama soal hari penetapan capres - cawapres terpilih, bakal dibuat dalam sebuah surat keputusan (SK). Nantinya, SK tersebut bakal diberikan kepada Paslon terpilih.

Arief mengatakan pada hari penetapan nanti, jika sudah diputuskan melalui rapat pleno, paslon terpilih tidak wajib hadir. Diketahui, capres Jokowi, malam ini bertolak ke Jepang untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Osaka.

"Kan tidak wajib hadir. Tapi sebagaimana kelaziman praktiknya yang kita lakukan selama ini peserta pemilu akan kita undang,' ujar Arief.

Sementara itu, menanggapi putusan MK yang menolak permohonan paslon 02 Prabowo-Sandi untuk seluruhnya. Arief mengatakan pihaknya selaku penyelenggara pemilu sangat bersyukur.

"Kami bersyukur pada bagian akhirnya apa yang kami kerjakan semua bisa diterima," kata Arief.

Di sisi lain,  capres petahana Jokowi minta masyarakat untuk kembali bersatu membangun Indonesia. "Tidak ada lagi 01 maupun 02. Yang ada adalah persatuan Indonesia," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur terbang ke Jepang. *


share on: