Menanti Laga Klasik Argentina Kontra Brasil Di Semifinal Copa America 2019

share on:
esporte.uol.com.br

UPDATEINDONESIA.COM- Laga klasik antara Timnas Brasil kontra Argentina bakal tersaji pada babak semifinal Copa America 2019. Kali ini Estádio Governador Magalhães Pinto (Stadion Gubernur Magalhães Pinto) akan menjadi saksi sejarah kedua tim, Rabu (3/6/2019).

Bisa jadi pertemuan seteru abadi dua raksasa sepakbola dunia asal Amerika Latin ini menjadi laga paling dinanti di setiap gelaran Copa America. Maklum, kedua tim merupakan raksasa di sepak bola dunia.

Argentina yang diperkuat Lionel Messi cs mampu menembus babak semifinal setelah menyingkirkan Venezuela dua gol tanpa balas. Sementara Brazil yang berstatus tuan rumah harus melewati drama adu penalti saat menyingkirkan Paraguay dengan skor 4-3 (0-0).

Melihat kiprah kedua negara di pentas sepak bola dunia, tidak berlebihan menyematkan status final kepagian bagi pertemuan Brazil vs Argentina. Keduanya punya prestasi yang gemilang, tidak hanya di kawasan Amerika Latin, tapi juga dunia.

Mereka sama-sama tergolong maestro dan legenda hidup sepak bola dunia hingga saat ini. Tim nasional (Timnas) Brasil punya Pele sementara Argentina punya Diego Maradona.

Pertemuan Brasil dan Argentina juga selalu menyajikan drama yang menegangkan. Dari puluhan kali pertemuan, Brasil memimpin head to head dengan 45 kemenangan dan Argentina 39 kemenangan. Sedangkan 25 pertandingan lainnya berakhir sama kuat.

Brasil telah menjuarai lima Piala Dunia, sementara Argentina dua kali. Di Copa America, Brasil mengoleksi delapan trofi, sementara Argentina 14 kali.

Rentetan prestasi itu membuat Brasil dan Argentina disegani baik di Amerika Latin maupun dunia. Duel Rabu nanti pun diprediksi akan berlangsung seru.

Argentina jadi tim unggulan pertama di sejumlah bursa taruhan, disusul Brasil di posisi kedua. Namun Brasil diuntungkan dengan status tuan rumah.

Argentina datang ke turnamen ini dengan kekuatan terbaiknya termasuk membawa Lionel Messi, Gonzalo Higuain, dan Sergio Aguero. Sementara Brasil justru ditinggal kapten sekaligus bintangnya, Neymar, yang memilih tampil di Olimpiade.

Secara head to head, Brasil sudah empat kali menjadi tuan rumah dan selalu keluar sebagai kampiun di empat gelaran Copa America. Terlebih tim samba julukan timnas Brasil saat ini tengah dalam performa terbaiknya.

Sebaliknya, bagi tim tango julukan timnas Argentina, harapan besar jadi kampiun justru diusung Lionel Messi. Maklum mega bintang sekaligus kapten tim Barcelona yang disebut-sebut sebagai titisan Maradona itu belum sekalipun mengangkat trofi bersama timnas negaranya.

Dari catatan Transfermarkt, Messi sudah sembilan kali membela Argentina saat melawan Brasil. Hanya saja Messi baru sanggup menyarankan empat gol ke gawang ke gawang Brazil. Tapi, seluruh gol Lionel Messi ke gawang Brasil hanya tercipta dalam pertandingan persahabatan. (**)


share on: