MTQ Tingkat Kecamatan Bontang Utara Kembali Digulirkan

share on:
Asisten Administrasi Pembangunan  Pemkot Bontang Ir. Zulkifli MT (tengah) didampingi Wakil dan Anggota DPRD Bontang serta Camat Bontang Utara membuka secara resmi pelaksanaan MTQ ke-16 tingkat Kecamatan Bontang Utara.

UPDATE.BONTANG - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)  ke-16 tingkat Kecamatan Bontang Utara resmi dimulai. Sedikitnya terdapat 165 peserta dari enam kelurahan ikut memeriahkan acara pembukaan yang digelar di Lapangan MTQ Parikesit Kelurahan Bontang Baru, Rabu (24/7) malam.

Lurah Bontang Kuala Rony Apriansyah selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, ajang yang dilaksanakan mulai dari 24-29 Juli 2019 memperebutkan delapan cabang kategori lomba. Mulai dari tilawatil quran, tahfidz quran,  tafsir quran, fahmil quran, syarhil quran, mushaf kaligrafi quran, musabaqah makalah quran, hingga qasidah rebana. 

"Peserta berasal dari enam kelurahan, yaitu Kelurahan Api-Api berjumlah 45 peserta, Guntung 19 peserta, Loktuan 39 peserta, Bontang Kuala 23 peserta, Bontang Baru 28 peserta, dan Gunung Elai 18 peserta," ucapnya. 

Camat Bontang Utara, Sudi Priyanto menambahkan, ajang tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun untuk membumikan al quran sekaligus melahirkan generasi qurani yang smart dan agamis di Bontang, khususnya di Kecamatan Bontang Utara.

“Diantara tujuan tersebut ada syiar. Oleh karena itu kita berharap bersama rekan-rekan di kelurahan dan awak media bisa mempublikasikan jadwal kegiatan ini sehingga masyarakat bisa hadir menyaksikan, baik malam maupun siang hari,” ujarnya.

Tak lupa, Sudi Priyanto berpesan kepada para peserta supaya nantinya tidak terbebani target juara. Sebab, menurutnya yang terpenting masing-masing peserta bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Kalau sudah mengeluarkan kemampuan terbaik, pada hakikatnya kita sudah menjadi juara sejati,” lanjut Sudi Priyanto.

Hal itu terbukti ketika Bontang pertama kali menyabet juara umum MTQ tingkat Provinsi Kaltim yang digelar di Samarinda pada 2010. “Waktu itu saya selalu berpesan, lepaskan target,” kata dia. Yang penting tampil tanpa beban dan optimalkan kemampuan terbaik. 

“Alhamdulillah waktu itu Bontang Utara, Barat dan Selatan berkolaborasi atas nama Kota Bontang berhasil juara umum tingkat Provinsi Kaltim,” terangnya.

Apalagi kata dia, Bontang di gadang-gadang jadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kaltim pada 2020. Tentu peserta yang berprestasi di tingkat kota tahun ini yang nantinya mewakili Kota Bontang. (Sena)


share on: