Neni Bakal Percantik Sungai Bontang

share on:
Walikota Bontang, Neni Moerniaeni didampingi suami (Andi Sofyan Hasdam) berkoordinasi dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bontang, Agus Amir (kais putih) saat meninjau aliran sungai Bontang, Minggu (30/9)

UPDATE.BONTANG,- Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang berencana menormalisasi dan mempercantik bibir sungai yang membentang membelah wilayah perkotaan. Program bertajuk Kali bersih dan Laut bersih tersebut rencananya mulai dicanangkan bertepatan dengan HUT Kota Bontang 12 Oktober mendatang.

 

“Sepanjang Bibir sungai nantinya dilengkapi jalur jogging track, dan fasilitas lain seperti tempat duduk untuk bersantai,” kata Walikota Bontang, Neni Moerniaeni saat meninjau lokasi sungai Bontang, di Kelurahan Api-Api Bontang Utara, Minggu (30/9) pagi.

 

Adapun persoalan pembebasan lahan dinilai Neni tidak menjadi masalah. “Pemerintah siap membebaskan lahan warga karena sepanjang bibir sungai akan dirombak total,” tuturnya.

 

Sementara ini kata Neni, pembersihan tahap awal dilakukan menggunakan excavator long arm, tahap selanjutnya yakni 2019 mendatang, pembersihan aliran sungai dan laut dilakukan menggunakan excavator Amfibi.

 

Di Tempat terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Amir menargetkan normalisasi sungai rampung tahun depan. Setelahnya sejumlah taman dan fasilitas lain akan dibangun di sepanjang bibir sungai.

 

“Target kita jalur sepanjang 14 kilometer sudah selesai tahun depan, termasuk penurapan sungai. Dan sekarang ini sedang dimulai pengerukan dan pembersihan di beberapa titik yang bisa di mobilisasi alat berat,” tutur Agus Amir.

 

Disinggung soal penganggarannya, Agus Amir menyebut ada dua metode diantaranya pengadaan excavator long arm senilai 6 miliar lebih. “Sedangkan excavator yang memiliki jangkauan 7 meter anggarannya sekitar 4,6 miliar, itu ekatalog semua,” pungkasnya. (*)

Wartawan - Sena Arizona


share on: