Nuansa Kebersamaan Warnai Perayaan Harkopnas Di Bontang

share on:
Warga antusias ikut Jalan Sehat Harkopnas ke-72

UPDATE.BONTANG- Ratusan warga memadati Arena MTQ yang berada di Jalan AM Parikesit Kelurahan Bontang Baru Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur, Minggu (4/8) pagi. Mereka hadir untuk menyemarakkan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72.

Nuansa kebersamaan yang digagas oleh Gerakan Koperasi se Kota Bontang ini diawali dengan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan jalan santai menuju Jalan DI Panjaitan, tembus ke Jalan Awang Long sebelum kembali berkumpul di Arena MTQ. 

Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni didampingi Kapolres Bontang Akbp Siswanto Mukti lepas peserta jalan sehat Harkopnas ke-72

Sepulang dari jalan santai, para peserta disuguhkan berbagai hiburan, mulai tarian daerah, hasil kerajinan lokal hingga undian hadia doorprize bagi yang beruntung. Tak hanya itu, panitia juga menyediakan lomba foto selfie serta lomba ceria bagi anak usia 12 tahun ke bawah.

Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni didampingi Kapolres Bontang Akbp Siswanto Mukti dan OPD terkait yang hadir berbaur bersama peserta mengingatkan pentingnya transparansi para pengurus koperasi dalam mengelolah usahanya dalam menyongsong tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”.

“Tidak ada alasan bagi anggota koperasi untuk tidak melek teknologi, terutama dalam penyusunan laporan. Siapa yang menyangka pamor Taksi Konvensional bisa kalah dengan Grab dan sejenisnya. Itu salah satu contoh kemajuan teknologi,”  ujar Neni.

Selain itu, Neni juga meminta koperasi yang ada di Bontang supaya melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu. “Kepada 63 unit Koperasi yang ada di Bontang supaya melakukan RAT tepat waktu. Karena RAT merupakan salah satu penilaianya apakah keuangan koperasi sehat atau tidak,” tegas mantan anggota DPR RI itu.

Neni menilai keberadaan koperasi menjadi salah satu cikal bakal pemicu tumbuhnya geliat ekonomi, yang dapat mengentaskan kemiskinan di Bontang.

“Jika koperasi sehat semua, maka itu menjadi gerakan ekonomi rakyat yang bisa menumbuhkan geliat ekonomi untuk mengentaskan kemiskinan,” ucap Neni.

Terlebih, tahun depan Bontang akan menjadi tuan rumah Hari Koperasi Tingkat Provinsi. “Oleh karena itu, Harkopnas kedepan harus dipersiapkan lebih matang dan tepat waktu,” pinta Neni. (sena)


share on: