Pasca Menelan Korban Jiwa, Pengunjung Beras Basah Dihimbau Tetap Waspada

Bontang-Kepala Dinas Pemuda, Olahraga,  dan Pariwisata Bontang, Bambang Cipto Mulyono menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati apabila berkunjung ke pulau Beras Basah. Hal ini bertujuan agar musibah seperti yang dialami salah satu murid SD 009 Bontang beberapa hari lalu tidak terulang.

"Kami menghimbau warga agar tetap waspada, dan apabila membawa rombongan yang masih dibawah umur tolong pendampingnya jangan cuma satu," kata Bambang, saat ditemui kantor Dispopar, Jalan Ahmada Yani,  Kelurahan Tanjung Laut,  Kecamatan Bontang Selatan, Kaltim,  Rabu (07/3/2018) sore.

Sebelumnya, seorang bocah 12 tahun dari SD 009 Bontang tenggelam dan tewas saat berwisata ke pulau tersebut pada Minggu (04/3/2018) pagi.

Bocah tersebut dikabarkan berangkat dari pelabuhan Tanjung Laut menuju pulau beras basah bersama 31 rekannya dan didampingi satu orang gurunya. Bocah tersebut tenggelam dan tewas saat bermain di pinggir pantai.  

"Paling tidak, apabila membawa rombongan dibawah umur setidaknya berkoordinasi dengan petugas Lanal, Polairud atau BPBD sebelum berangkat. Dan yang paling penting jangan hanya satu pendamping, "pungkasnya. 

Terlepas dari itu, pihaknya berencana menepatkan petugas di pulau tersebut guna mengawasi pengunjung dan menghindari terjadinya hal serupa (tenggelam red). 

"Untuk mencegah terjadinya hal serupa, kami akan menempatkan petugas disana. Namun kami masih melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait," ucap dia. 

Selain itu, pihaknya juga berencana penertibkan para pedagang yang berjualan di lokasi tersebut demi keamanan dan kenyamanan pengunjung.

"Menertibkan bukan berarti mengusik keberadaan pedagang disana,  tapi hanya menertibkan supaya semua sama-sama aman dan nyaman, baik itu pedagang maupun pengunjung," ujarnya.

Disinggung soal pembenahan fasilitas beras basah yang sebagian besar  mengalami kerusakan, ia mengatakan anggarannya sudah diusulkan dan proses Detail Engineering Design (DED) nya sedang di dikerjakan.

Reporter-Sena


share on: