Pemda Kutim Apresiasi Penyelamatan Species Anggrek Hitam

share on:
Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang (tengah) didampingi Direktur Produksi PT Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana (kedua dari kiri) dan Kepala Balai TNK Nur Patria Kurniawan (pinggir kiri) usai menempel Anggrek Hitam di Taman Nasional Kutai

Kutai Timur,- Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang memberi apresiasi tinggi kepada PT Pupuk Kaltim yang telah berperang penting dalam memulihkan species anggrek hitam di Taman Nasional Kutai (TNK) melalui metode kultur jaringan.


Menurutnya apa yang telah dicanangkan Pupuk Kaltim dalam pelestarian keanekaragaman hayati patut menjadi percontohan untuk dibudayakan. Dari itu, pihaknya akan berupaya bersinergi dengan seluruh perusahaan yang ada di Kutim untuk turut andil dalam pelestarian anggrek hitam di TNK. 


"Paling tidak apa yang kita punya di Kaltim ini bisa terus terjaga dan menjadi sebuah kebanggaan. seperti halnya anggrek hitam yang terancam punah maka harus dijaga supaya jadi magnet bagi wisatawan," kata Kasmidi Bulang usai menempel anggrek hitam dan melepas peserta Kutai Wana Rally ke 12, di Balai TNK, Desa Sangkima, Kabupaten Kutai Timur, Sabtu (04/8).

 

Baca Juga : - Pertama Di Indonesia, Pupuk Kaltim Reintroduksi Anggrek Hitam Ke Alam

Kutai Wana Rally Ke 12 Banjir Peserta

 

Sebelumnya, PT Pupuk Kaltim melakukan pemulihan anggrek hitam di TNK yang punah akibat dilanda kebakaran pada 2015 silam. Sejak saat itu pula PT Pupuk Kaltim bertekad melakukan penyelamatan dengan mengambil species anggrek hitam di TNK, lalu di kembangbiakkan melalui teknologi risert kultur jaringan di Laboratorium PT Pupuk Kaltim.


Selang empat tahun, Pupuk Kaltim kini memiliki 2000 pohon angrek hitam dan siap dikembalikan ke TNK. Adapun yang tebar pada tahap pertama tahun ini sebanyak 1000 tanaman anggrek hitam lalu dilanjutkan dengan jumlah yang sama pada tahap kedua tahun depan.


Selain itu kegiatan reintroduksi anggrek hitam ke Alam, Pupuk Kaltim juga melakukan penandatanganan MOU kerjasama konservasi keanekaragaman hayati antara Direktur Produksi PT Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana dengan kepala Balai TNK, Nur Papatria Kurniawan sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap pelestarian keanekaragaman hayati di TNK.


Disamping itu, Pupuk Kaltim diketahui 
telah bermitra dengan Taman Nasional Kutai sejak 1994. "Berbagai komitmen telah direalisasikan, baik kegiatan konservasi  maupun kegiatan lainnya sebagai bentuk dukungan perusahaan dalam melestarikan flora dan fauna di kawasan TNK maupun di kawasan konservasi alam lainnya," tutur Bagya Sugihartana.

Reporter - Sena


share on: