Peringati Bulan K3 Nasional 2018, Pupuk Kaltim Bekali Teknik Penanggulangan Kebakaran Kepada Masyarakat Bafferzone

share on:

Bontang - Faktor pencegahan dan penanggulangan pemadaman kebakaran jadi fokus utama PT Pupuk Kaltim dalam membekali masyarakat bafferzone Ring-I pada rangkaian Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Nasional (BK3N) tahun ini. Selain itu, bekal penyelamatan jiwa atau evakuasi serta peningkatkan kewaspadaan dini masyarakat tentang bahaya kebakaran juga sangat penting untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif dalam membudayakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

 

“Oleh karena itu, sangatlah tepat bila ilmu pengetahuan dan strategi pemadam kebakaran selalu dikembangkan dan disosialisasikan melalui kegiatan semacam ini sebab menyangkut kepentingan masyarakat luas,” kata Direktur Produksi PT Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana dalam sambutannya di acara Fire and Rescue Competition antar masyarakat Ring-1, GOR PC-6 Pupuk Kaltim, Minggu (11/2/2018) pagi.

Bagya menyebutkan, kurangnnya kepedulian masyarakat dan kecenderungan lalai dalam hal-hal yang merugikan, seperti musibah kebakaran jadi alasan utama  dilaksanakannya Fire and Rescue Competition antar masyarakat bafferzone Ring-I.

 

Sebabnya, Kata Bagya, dengan memaknai tema “Melalui Budaya K3, Mendorong Terbentuknya Bangsa yang Berkarakter” diharapkan mampu menjadi bekal kepada setiap peserta. Dan semakin banyak masyarakat yang tahu dan mengerti cara memadamkan api dengan baik dan benar untuk memperkecil terjadinya kebakaran.

 

“Kami berharap seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Sebagai seorang petugas pemadam kebakaran, harus memiliki kebanggaan yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan karena di dalamnya terkandung misi sosial kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa serta harta benda milik masyarakat,” ujar Bagya.

 

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Bagya juga berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bontang dan masyarakat karena selama ini ikut menciptakan situasi kondusif, sehingga kegiatan operasional  Pupuk Kaltim berjalan dengan baik dan lancar. Terlebih kepada semua pihak yang telah, sedang dan akan terus mengembangkan serta membudayakan K3 sebagai bagian dari kontribusi untuk membangun kota Bontang.

 

“Saya mewakili jajaran Direksi, Manajemen dan seluruh Keluarga Besar Pupuk Kaltim memohon doa serta dukungan Pemerintah Kota dan masyarakat Bontang khususnya agar pada saat ini dan di masa yang akan datang Pupuk Kaltim dapat beroperasi dengan baik dan lancar serta dapat mengembangkan Perusahaan menjadi lebih besar lagi sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat bufferzone, masyarakat Bontang dan Bangsa Indonesia,” tutur Bagya.

 

Sementara itu Ketua Panitia Bulan K3 Nasional 2018 Pupuk Kaltim, Tathid Surya Arjanggi menambahkan, kegiatan Fire and Rescue Competition ini sengaja dilaksanakan untuk mengedukasi masyarakat yang bermukim disekitar bafferzone ring-I Pupuk Kaltim, tentang ha-hal yang membahayakan, seperti kebakaran dan tata cara memadamkan api.

 

“Tujuan selanjutnya ialah untuk menjalin silaturahim antar Kelurahan dengan management PT Pupuk Kaltim, karena kami yakin perusahaan ini bisa beroperasi dengan baik berkat dukungan masyarakat sekitar” pungkasnya.

 

“Diharapkan ditahun mendatang partisifasi masyarakat terhadap keberlangsungan operasional perusahaan semakin meningkat, dan juga hubungan antara masyarakat dengan perusahaan semakin rukun,” tuturnya.

 

Sekedar diketahui Fire and Rescue Competition ini diikuti 13 tim dari 5 Kelurahan seperti Kelurahan Guntung, Loktuan, Gunung Elai, Belimbing, dan Bontang Kuala.

 

Dalam lomba tersebut, masing-masing peserta dituntut beradu kecepatan dan ketangkasan  menaklukkan medan yang telah disiapkan  panitia, seperti membukan kunci gembok, memadamkan api, dan cara meberikan pertolongan pertama kepada korban kebakaran.

 

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga diselingi dengan lomba yel-yel antar peserta, dan suporter terheboh antar kelurahan yang turut disaksikan oleh jajaran Direksi dan management PT Pupuk Kaltim, seperti GM Teknologi Sri Mukartiningsih, GM Umum Nur Sahid, serta Wakil Wali Kota Bontng Basri Rase, Camat dan Lurah dari masing peserta.

 

Adapun tim yang berhasil menjuarai lomba tersebut diataranya, Juara 1 dengan poin sempurna jatuh kepada tim Nitrogen Kelurahan Bontang Kuala, juara 2 NPK dari Kelurahan Guntung 1 total poin 905, juara 3 tim Oksigen asal Kelurahan Loktuan total poin 900, Juara harapan I (juara 4) tim Kalium dari Kelurahan Telihan total poin 885, Juara Harapan II (juara 5) jatuh pada Tim Chlorin Kelurahan Bontang Kuala dengan total poin 880. Sedangkan juara kategori yel-yel K3 disabet oleh tim Amoniak dari Kelurahan Guntung 2, sedang Suporter terheboh jatuh ke tangan Kelurahan Bontang Kuala. (Sena)


share on: