Pesta Demokrasi Berakhir, PPS Kel. Api - Api Beri Reward Linmas Dan TPS Terbaik

share on:
TPS 34 RT 37 yang berada di jalan Reformasi Kel. Api - api , Kec. Bontang Utara Terpilih Sebagai Tempat Pemungutan Suara Terbaik Pada Pemilu 2019

UPDATE.BONTANG - Ditengah memanasnya suhu pesta demokrasi Indonesia tahun 2019 ini akibat perang dukungan dan peristiwa duka berpulangnya ratusan pejuang demokrasi yang diduga kelelahan saat menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu. 

Panitia Pemungut Suara (PPS) Kelurahan Api - api Kecamatan Bontang Utara justru memberi warna tersendiri pada perhelatan 5 tahunan tersebut. Bagaimana tidak, seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berlomba menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) senyaman mungkin dan kreatif, bahkan personil linmas yang paling bertanggung jawab dengan tugasnya juga mendapatkan penghargaan. 

Ketua PPS Kelurahan Api - api, Maya Catharina menjelaskan kompetisi tersebut digelar untuk memberi motivasi bagi anggota KPPS dan linmas agar menjalankan tugas sebaik mungkin serta menyuguhkan TPS yang menarik untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019.

"petugas KPPS adalah ujung tombak pelaksanaan pemilu, jadi perlu kami beri semangat bahkan reward bagi penyelenggara terbaik sesuai kriteria yang sudah ditentukan,"  ungkapnya.

Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Personil Linmas Terbaik Kelurahan Api - api, oleh Ketua PPS dan Lurah

Selain itu dukungan aparat pemerintah, khususnya Lurah Api - api menjadi pendorong utama kompetisi ini berlangsung. Mulai dari bantuan moril hingga materiil.

"Kami didukung penuh oleh pak Lurah  Andiga Mufti Kuswardani dan stafnya, maka pelaksanaan pemilu di wilayah kami berjalan sukses," papar Maya.

Beberapa kriteria penilaian yang menjadi acuan, yakni TPS ternyaman dan kreatif, tema menarik dan Ide milenial, perhitungan suara tanpa kesalahan serta KPPS terajin dan kreatif.

Dari 40 TPS yang ada, muncul sebagai jawara adalah TPS 34 RT 37 yang berada di jalan Reformasi. TPS ini menghias seluruh bagian dari arena pemungutan suara dengan menggunakan alat - alat rumah tangga, bahkan disediakan photo booth beserta properti untuk tamu demokrasi yang datang.

Sementara untuk personil linmas terbaik adalah Agus Purwanto dan Tegar Leo Wahyu, keduanya menjalankan tugas dengan sangat baik. Berjaga di TPS yang paling lama, mengawal pengembalian kotak suara ke Kelurahan dan sabar menjaga kotak dan memberi semangat KPPS untuk segera menyelesaikan tugasnya.

 


Wartawan : Atiek

Up.Editor : Kartika Anwar



share on: