Puluhan Ton Bantuan Mengalir Dari Bontang Menuju Palu

share on:
Proses Pengapalan Bantuan Kemanusiaan untuk korban Bencana Gempa dan Tsunami Palu-Donggala, di Pelabuhan Umum Loktuan Bontang, Kaltim, Kamis (4/10) sore.

UPDATE.BONTANG,- Puluhan ton bantuan kemanuasian dari Bontang, Kalimantan Timur mengalir menuju Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut rencananya akan diangkut berbarengan dengan tim relawan menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Umum Loktuan pada Jumat (5/10) besok sore.

 

Pelepasan pengiriman bantuan dan relawan ditandai apel pelepasan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana Palu dan Donggala, di Pelabuhan Loktuan, Kamis (4/10) sore tadi.

 

Walikota Bontang Neni Moerniaeni mengatakan, jumlah bantuan tersebut bukti dan komitmen masyarakat Bontang yang selalu peduli terhadap korban bencana alam.

 

“Ini merupakan gerakan rasa kemanuasiaan dan kesetiakawanan sosial bagi warga Bontang kepada korban gempa dan tsunami yang menimpa saudara-saudara kita di Palu dan Donggala,” tegas Neni saat memimpin Apel.

 

Selain mengirim bantuan sembako dan kebutuhan pokok lainnya, Bontang juga memberangkatkan 25 relawan yang akan bertugas di Palu dan sekitarnya selama kurang lebih satu minggu.

 

Neni berpesan kepada para relawan agar bekerja maksimal serta tetap menjaga kesehatan, dan keselamatan saat bertugas.

 

“Tetap jaga kesehatan dan keselamatan saat bertugas. Dan lakukan koordinasi dengan petugas dari pihak provinsi setempat,” pintahnya.

 

Adapun rincian sementara bantuan kemanuasiaan yang dikirim dari Bontang menuju Palu meliputi :


1. Pakaian Dewasa = 1.262 karung
2. Perlengkapan Balita/bayi = 2 karung
3. Selimut = 4 Karung
4. Pembalut = 9 Dus
5. Pampers = 31 Dus
6. Kemasan Air mineral = 673 Dus
7. Mie Instan = 1.476 Dus
8. Pop Mie = 72 Dos
9. Beras= 10,75 Ton
10. Susu ultra = 63 Dos
11. Sarden = 6 Dos
12. Biskuit. = 9 Dos
13. Minyak Goreng = 35 dos
14. Gula Pasir = dos
15. Teh = 2 Dus
16. Bubur Bayi = 6 Dus
17. Air bersih = 35 Galon berisi air mineral
18. Ikan kering = 3 karung
19. Snack = 62 Dus
20. Terpal = 14 lembar
21. Perlengkapan mandi = 17 Dus
22. Tisu = 5 Dus
23. Obat-obatan = 7 paket
24. Alat Tulis = 1 Dus
25. Genset = 1 unit

 

Total jumlah bantuan tersebut diperkirakan masih bertambah, mengingat saluran bantuan dari warga masih terus mengalir sejak Kamis petang hingga menjelang malam.
 

Sedangkan 25 orang relawan terdiri dari 5 Petugas SAR, 8 Perawat, 3 Dokter, 1 Bidan, 1 Petugas Rescue, 2 Petugas First AIDER, 2 Petugas Dapur Lapangan, 1 Petugas Teknisi Transfusi darah, 1 Petugas Trauma Healing, 1 Petugas Dokumentasi dari Humas Bontang.

 

“Ke-25 relawan yang diberangkatkan telah melewati tahap seleksi yang ketat, karena kondisi lapangan yang tuju membutuhkan kondisi fisik dan mental yang kuat. Dan Insya Allah, kedatangan para relawan sangat dibutuhkan disana,” tutup Neni.

 

Patut diketahui bahwa sebelumnya Bontang telah mengirim bantuan sebanyak tiga truk ke Sulteng pada Minggu 30 September lalu. (*)

Wartawan - Sena Arizona


share on: