Pupuk Kaltim Awali Safari Ramadhan Di Masjid Nurul Huda Guntung

share on:
Direktur SDM & Umum PT Pupuk Kaltim, Meizar Effendi memberikan bantuan uang tunai kepada takmir masjid (Foto-Dok. Humas PKT/M.Fauzi)

UPDATE.BONTANG - Ramadhan menjadi momentum untuk lebih dekat kepada Allah SWT juga dalam mempererat silaturahmi antar sesama.

Sebagian umat muslim umumnya mengisi kegiatan dengan tradisi Safari ramadhan, hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena memiliki banyak manfaat. Baik dalam kehidupan individu maupun sosial, terutama memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki.

Perintah itu dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW. "Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturrahim" (HR. Bukhari).

Momen itu pulalah yang dimanfaatkan PT Pupuk Kaltim untuk menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat bufferzone. Hal tersebut terlihat saat civitas Amonia, Urea, dan NPK mengawali agenda Safari Ramadhan 1440 H, di Kelurahan Guntung, Selasa (7/5) petang.

Tiba di Masjid Nurul Huda pukul 17.00 WITA, Manajemen Pupuk Kaltim yang dipimpin Direktur SDM & Umum, Meizar Effendi nampak duduk bercengkrama dengan perangkat pemerintah dan tokoh masyarakat setempat sembari menanti waktu berbuka.

Obrolan mereka seputar permasalahan  masyarakat, terutama yang bersentuhan langsung dengan perusahaan, sebagai wujud kepedulian PKT terhadap masyarakat.

"Safari Ramadhan telah menjadi agenda rutin setiap tahun sekaligus menyerahkan bantuan uang tunai 10-15 juta kepada setiap masjid," kata Direktur SDM & Umum PT Pupuk Kaltim Meizar Effendi kepada wartawan.

Harapannya, hubungan silaturahmi perusahaan dengan warga sekitar dapat lebih meningkat. Selain itu, doa serta dukungan dari masyarakat juga sangat dibutuhkan supaya Pupuk Kaltim terus beroperasi dengan baik dan meningkat. Sehingga perusahaan terus mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.

Safari Ramadhan Pupuk Kaltim 1440 H

Ditambahkan Meizar, perusahaan juga memberi peluang menyanggupi permintaan pengurus masjid Nurul Huda yang meminta bantuan pengecoran selasar masjid serta perbaikan lantai TPQ yang nominalnya mencapai 40 juta.

"Prinsipnya, hal itu sangat memungkinkan untuk dilakukan melalui CSR Perusahaan, apalagi ini momen bulan puasa," terang Meizar.

Pada agenda Safari ramadhan kali ini, Pupuk Kaltim menyerahkan bantuan kepada 4 masjid di Guntung dan Sidrap. Meliputi masjid Nurul Huda, Al-Hikmah, Al-Ikhlas dan masjid Hibatul Haqqi.

Tak hanya itu, Pupuk Kaltim juga menghadirkan Ustadz Abdul Majid MA dari Samarinda. Ustadz kondang asal Kota Tepian itu mengulas seputar perbedaan tingkatan Shadaqah, Zakat dan Infak serta hikmah dibalik indahnya berbagi di momen Ramadhan.


share on: