Pupuk Kaltim Berencana Kembangkan Pabrik Methanol berskala Besar

share on:
Menteri BUMN RI Rini Soemarno (baju putih) saat kunjungan Ke PT Pupuk Kaltim, Selasa (18/9) Foto-Sena/Update Indonesia

UPDATE.BONTANG,- Menteri BUMN RI Rini Soemarno meminta manajemen Pupuk Kaltim segera merealisasikan rencana pembangunan pabrik Metanol di kawasan tersebut untuk menunjang produk industri lainnya.

BACA JUGA

Hal ini diungkapkan Rini Soemarno dalam saat menghadiri acara pelepasan kapal amoniak dan urea ekspor PT Pupuk Indonesia di Pupuk Kaltim, Selasa (18/9).

 

“Tolong reklamasi lahan dipercepat untuk pembangunan pabrik Methanol supaya kedepannya tidak hanya Pupuk Kaltim tapi menjadi Petrochemical And Fertilizer Industry,” pintahnya.

 

Ia menilai kawasan Industri Pupuk Kaltim sangat cocok untuk pembangunan pabrik methanol. Terlebih Methanol memiliki turunan rantai karbon yang bisa diolah menjadi bahan baku industri lainnya.

 

“Methanol masih sangat diminati dan Indonesia masih sangat kurang. Jadi ini semua harapannya bahan baku industri dalam negeri dan ekspor,” tuturnya.

 

Saat dikonfirmasi, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat enggan menanggapi lebih jauh soal wacana tersebut. Namun ia membenarkan jika pabrik Methanol telah direncanakan untuk dibangun di kawasan industri Pupuk Kaltim.

 

“Insya Allah, pabrik Methanol akan dibangun di Kawasan Pupuk Kaltim namun masih dalam tahap perencanaan,” pungkas Aas (*)

Reporter - Sena


share on: