Pupuk Kaltim Gelar Knowledge sharing Perdana di SMA YPK

BONTANG - Upaya PT Pupuk Kalimantan Timur untuk menarik minat pelajar Bontang di bidang teknik kembali dituangkan dalam program knowledge sharing.

Hal ini terlihat saat sekelompok tim dari berbagai unit kerja di lingkup Pupuk Kaltim melaksanakan knowledge sharing di SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), Senin (12/3) pagi. 

"Program ini merupakan upaya perusahaan untuk memperkenalkan beberpa materi khusus di bidang ilmu tekhnik kepada anak-anak tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)," kata Jaka Kirwanto,  Koordinator Knowledge Sharing Pupuk Kaltim.

 Poto bersama Tim Knowledge Sharing di Halaman SMA YPK (poto by Humas PKT/Ozie) 

Ia menyebutkan, pengenalan berupa materi teknik engineering kepada pelajar sejak usia sekolah sangat penting untuk perkembangan pengetahuan siswa. 

"Knowledge Sharing ini bertujuan mengenalkan berbagai bidang ilmu seperti teknik kimia, instrumen, mesin dan lainnya," ucap Staf Direktorat Produksi Pupuk Kaltim ini.

Dikatakan Jaka, dalam prakteknya beberpa staff ahli di bidang engineering Pupuk Kaltim ikut ambil bagian dan memaparkan berbagai materi tentang fungsi dan manfaat di bidang produksi, mulai sistem pengolahan hingga menjadi produk.

Ini dilakukan karena menurutnya, Pupuk Kaltim berkembang pesat karena mayoritas dibangun oleh sarjana-sarjana handal di bidang ilmu teknik, misalnya teknik mesin, teknik listrik, teknik kimia dan teknik lainnya.

"Program ini merupakan program perdana yang akan dikembangkan bersama tim lainnya, program ini merupakan arahan langsung dari Direktur Utama PT Pupuk Kaltim,"
ujarnya. 

Tim yang dimasud adalah para staff ahli bidang engineering yang berasal dari lintas generasi, lintas divisi, disiplin ilmu terapan serta unit kerja, seperti devisi produksi, SDM dan devisi teknik lainnya turut terlibat dalam program ini.

Adapun sasaran utama oada orogram tersebut ialah memperkenalkan secara detail tentang ilmu terapan yang dibutuhkanan perusahaan kepada pelajar, khususnya tingkat SMA.
 
"Minggu depan kita akan mengenalkan lebih detail tentang bidang pabrik kepada pelajar. Contohnya, kita punya pabrik amoniak dan pupuk, makan kita kmakan kenalakan lebih detail tentang pengolahan pupuk dan sistem pabrik. Karena saat ini, kita akan bahas secara umum saja," ujarnya.

Sementara itu, Guru Matematika Kelas XI Yayasan Pupuk Kaltim Sintowati menyambut baik program terbaru Pupuk Kaltim. Ia menilai program seperti ini mampu menambah wawasan anak-anak didiknya.

Ia berharap siswa-siswinya mampu menangkap berbagai peluang dari bidang ilmu yang dibutuhkan perusahaan untuk menambah wawasan mereka tentang pengolahan pabrik.

"Kami sangat mendukung adanya program ini. Saat ini hanya menyasar kelas XI IPA karena kelas XII sudah difokuskan untuk Ujian Akhir Nasional. Harapannya, anak-anak bisa mendapat pengetahuan baru tentang Pupuk Kaltim. Karena yang menyampaiakan adalah para staff ahli yang berkecimpung di perusahaan itu," tungkasnya. 

Terpisah, salah satu siswa yang mengingikuti program ini mengaku sangat senang. Menurutnya perusahaan telah memaparkan berbagai prospek kerja yang ada diperusahaan.

Salah satunya ialah terkait wawasan tentang hasil produksi yang harus mengutamakan kebutuhan nasional terlebih dahulu, baru bisa memenuhi kebutuhan ekspor.

"Tadi disampaikan tentang apa yang diproduksi Pupuk Kaltim serta profil perusahaan. Yang saya dapat dari pemaparan tadi sangat menarik dan bagus. Khususnya tentang peluang dan proses bekerja di Pupuk Kaltim," ucap Muhammad Nur Arafah, siswa kelas XI IPA YPK. 

Soal peluang  di perusahaan yang membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang engineering. Ia mengaku mulai tertarik dengan bidang itu dan berkeinginan mengambil jurusan teknik saat Kulya. (*)

Penulis-Sena


share on: