Pupuk Kaltim Kembali Salurkan 2700 Paket Sembako

Direktur Utama PT Pupuk Kaltim Bakir Pasaman didampingi Istri Selaku Ketua PIKA PKT Beserta Jajaran Direksi dan Manajemen Menyerahkan Paket Sembako Kepada Lurah Lok Tuan Sofyansyah, di GOR Pupuk Kaltim, Jalan Alamanda, PC VI, Jumat (8/6)

BONTANG - Sudah menjadi agenda rutin dan tahunan PT Pupuk Kaltim untuk berbagi paket sembako kepada masyarakat setiap bulan Ramadan.

Kali ini Pupuk Kaltim bekerjasana dengan Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN Wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimtra) dalam menyalurkan 2.700 paket sembako kepada warga yang kurang mampu di wilayah bufferzone perusahaan.

Bertempat di GOR Pupuk Kaltim, Jalan Alamanda, PC VI, Jumat (8/6) pagi. Penyerahan secara simbolis diawali Direktur Utama PT Pupuk Kaltim Bakir Pasaman kepada Lurah Loktuan Sofyansyah, dilanjut Direktur Produksi Bagya Sugihartana kepada Lurah Gunung Elai Zainuddin.

Berikutnya Direktur Tekbang Satriyo Nugroho kepada perwakilan masyarakat pesisir, dilajut Direktur SDM dan Umum Meizar Effendi  kepada Lurah Guntung Ida Idris, terakhir Ketua PIKA-PKT Ira Bakir Pasaman kepada perwakilan Persatuan Tuna Netra Indonesia wilayah Bontang.

Direktur Utama PT Pupuk Kaltim Bakir Pasaman beserta Jajaran Direksi dan Manajemen, Persatuan Istri Karyawan (PIKA) PKT, bersama Masyarakat Penerima paket sembako

Ketua panitia penyelenggara sekaligus Manager CSR Pupuk Kaltim, Dwi Pudyasmoro dalam laporannya menyampaikan, pemberikan paket sembako gratis kepada masyarakat di wilayah befferzone  perusahaan merupakan agenda rutin perusahaan setiap tahunnya. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan talisilaturahmi, harmonisasi, dan kepedulian perusahaan kepada masyarakat," tandasnya

Selanjutnya kata dia, sebagai salah satu kegiatan CSR Pupuk Kaltim bagi masyarakat Bontang, serta ikut meringankan dan membantu warga dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Penerima manfaat ini diproritaskan kepada rumah tangga berpenghasilan rendah (Rastra) tahun 2018 yang direkomendasikan oleh Dinas Sosial Kota Bontang dan Kelurahan setempat.

"Jumlah penerima manfaat sebanyak 2.700 orang. Jumlah ini sesuai dengan data yang diterima dari masing-masing kelurahan," tandasnya.

Adapun yang menerima manfaat meliputi Kelurahan Guntung, Loktuan, Belimbing, Gunung Elai, Bontang Kuala, Forum RT Sidrap, Masyarakat wilayah pesisir, Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Bontang dan lainnya. 

"Isi paket sembako yang di salurkan berupa beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg," pungkasnya.

Dalam pengadaannya, Pupuk Kaltim bekerjasama dengan Persatuan Istri Karyawan Pupuk Kaltim (PIKA-PKT). Disamping itu, Pupuk Kaltim juga turut memberdayakan hasil tani dari Mitra Binaan perusahaan.

"Pada kegiatan PKT Berbagi tahun 2017 lalu, Pupuk Kaltim menyalurkan 6.75 ton beras hasil mitra binaan. Namun tahun ini, Pupuk Kaltim meningkatkan penyerapan hasil mitra binaan dengan menyalurkan 13.5 ton beras hasil mitra binaan," ujarnya

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pupuk Kaltim Bakir Pasaman mengharapkan program berbagi Pupuk Kaltim bersama IIP BUMN Kaltimtra ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Harapannya kami ingin seluruh masyarakat, tertutama diwilayah arel Pupuk Kaltim bisa ikut mersakan kebahagiaan di hari raya Idul Fitri yang akan datang. Disamping itu kami juga mengharapkan doa dan dukungannya supaya Pupuk Kaltim terus berjaya," ujarnya.

Sebaliknya, kegiatan ini pun mendapat tanggapan positif dari warga. Menurut mereka komitmen Pupuk Kaltim yang terus konsisten memperhatikan masyarakat patut diapresiasi dan disyukuri

Nal Insyana misalnya, warga RT 15, Kelurahan Gunung Elai ini merasa bersyukur atas bantuan tersebut, ia berharap Pupuk Kaltim semakin maju kedepannya supaya masyarakat luas bisa ikut merasakan manfaatnya.

Hal serupa diutarakan Hajja Surya. Menurut warga RT 08 Kelurahan Guntung ini, kedermawanan Pupuk Kaltim yang terus memberikan manfaat kepada masyarakat Guntung sangat dirasakan.

"Alhamdulillah senang sekali, terima kasih Pupuk Kaltim. Mudah-mudahan terus berlanjut setiap tahunnya sehingga warga kurang manpu dan tidak memiliki penghasilan tetap seperti kami ini terus terbantu," tutur Nenek 75 tahun ini.

Disamping itu, Pupuk Kaltim juga menghadirkan ustadz Ali Ahmadi yang menyampaikan tausiyah tentang Indahnya berbagi di bulan Ramadan, selanjutnya acara ditutup dengan doa bersama.

Reporter : Sena


share on: