Sampah Di Tanjung Laut Bontang Bakal Dikeruk

share on:

UPDATE.BONTANG,- Pemerintah Kota Bontang berencana mengeruk sedimen sampah yang sudah tebal di kawasan permukiman atas laut, RT 14 Jalan Pelabuhan, Kelurahan Tanjung Laut Indah Bontang Selatan.
 

“Insya Allah. kita akan bersihkan sampai sedimennya menggunakan long arm excavator,” kata Neni di Bontang, Kaltim, Senin (23/9).
 

Sebelumnya kondisi lahan seluas sekitar 1 hektar itu yang tak jauh dari lokasi pelabuhan nelayan cukup memprihatinkan. Pasalnya sampah domestik yang didominasi sampah plastik terlihat menghiasi kawasan pemukiman warga yang berdiri di atas rawa dan tepi laut.
 

Kondisi ini mengundang perhatian bagi warga RT 14 bersama Kelompok Pemuda Karang Taruna Tanjung Laut Indah, serta Dinas Lingkungan Hidup dan anggota DPRD Bontang bersinergi membersihkan kawasan tersebut,  Minggu (23/9) pagi.
 

Hasilnya sedikitnya 10 ton sampah domestik yang didominasi sampah plastik berhasil diangkut tim kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bontang.
 

Menurut Neni, memicu penumpukan sampah terjadi akibat gelombang air laut. Sehingga saat air laut pasang, gelombang membawa sampah dengan beraneka macam. Sampah yang tersangkut di tiang-tiang kolom rumah warga terhampar lambat laun berubah menjadi sedimen.
 

Dari itu pihaknya mengajak serta memotivasi warganya supaya tidak membuang sampah disembarang tempat, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pesisir.
 

“Kedepan  kita akan memotivasi dan selalu mengajak warga untuk tidak buang lagi sampah sembarang tempat supaya lingkungan tetap bersih dan jauh dari berbagai penyakit,” pungkasnya. (*)

Sena Arizona


share on: