Sang Spesialis Pembobol Kaca Mobil dan Jok Motor Jalani Reka Ulang

share on:
Rekonstruksi terhadap Samsi Rahman (40), Tersangka pencuri spesialis pembobol kaca mobil dan jok motor di TKP Halaman Parkir GOR PC 6 pupuk Kaltim, Jumat (31/8) (Foto-Sena)

UPDATE,BONTANG,- Polres Bontang gelar rekonstruksi terhadap Samsi Rahman (40), tersangka pencuri spesialis pembobol kaca mobil dan jok motor yang kerap beroperasi di wilayah Kaltim, Jumat (31/8) siang.

 

“Rekonstruksi dilakukan untuk memperlihatkan sekaligus memberikan edukasi masyarakat supaya tidak lagi menyimpan barang berharganya, baik di dalam mobil maupun di dalam jok motor,” kata Kapolres Bontang melalui Kanit Opsnal Sat Reskrim Polres Bontang, Ipda Mandyono kepada wartawan usai menggelar rekonstruksi.

 

Sebelumnya,  tersangka Samsi Rahman (40) ditangkap Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Bontang, di-back up Subdit Jatanras Polda Kaltim, di Jalan Aisyah, Gang Ulin, RT 13, Teluk Lerong Ilir, Kota Samarinda, pada Rabu (29/8), sekira pukul 02.00 Wita dini lalu.

 

Rekonstruksi diawali di depan pintu utama Stadion Mulawarman, PC 6 Pupuk Kaltim, salah satu Tempat Kejadian Perkara (TKP) Samsi Rahman memecahkan kaca mobil korbannya menggunakan obeng lalu menggasak dua unit ponsel serta satu buah rokok elektrik yang ada di dalam mobil.

 

“Rekonstruksi diawali pada kejadian 25 Agustus 2018, pukul 09.00 wita, dengan TKP di depan pintu utama Stadion Mulawarman,” kata Ipda Mandyono.

 

Berikutnya pada TKP kedua dengan waktu kejadian pada Minggu 5 Agustus 2018, pukul 08.00 wita, di Halaman Parkir GOR PC 6 Pupuk Kaltim. Dalam reka ulang ini modus pelaku adalah mengawasi korbannya dari jauh.

 

Setelah melihat korbannya menyimpan barang berharga di dalam jok motor dan meninggalkan tempat. Tersangka langsung mendatangi motor korban tersebut lalu mengangkat jok motor dengan tangan lalu mengambil sejumlah barang berharga milik korbannya.

 

“Pelaku terbilang profesional saat beraksi, karena hanya dalam waktu sepersekian detik pelaku sudah bisa mengeluarkan barang berharga berupa jaket, handphone dan dompet dari dalam jok motor tanpa menggunakan peralatan,” tuturnya.

 

Begitu pula dengan dua TKP lainnya, seperti waktu kejadian Jumat 10 Agustus 2018 sekitar pukul 17.00 wita di GOR PC 6 Pupuk Kaltim dan di halaman parkir Masjid Al-Falah HOP I Komplek PT Badak dengan waktu kejadian Rabu 01 Agustus 2018, sekitar pukul 12.30 wita.

 

“Setiap habis mengambil barang mangsanya, tersangka langsung kabur dan menjual barang hasil curiannya di Kawasan Stadion Segiri Samarinda,” tuturnya.

 

Diketahui sebelumnya pria paruh baya asal Kutai Kartanegara (tersangka Samsi Rahman) pernah di vonis 1 tahun 6 bulan atas kasus yang sama di Kutai Kartanegara. Namun tersangka Samsi Rahman kembali berulah pasca dinyatakan bebas bersyarat pada Juli 2018 lalu.

 

“Tersangka Samsi Rahman sebelumnya pernah melakukan kejahatan serupa di Bontang namun tertangkap di Tenggarong (Kutai Kartanegara) dan diproses disana. Saat ini tersangka sedang diproses di Polres Bontang dengan barang bukti 9 Handphone berbagai merek dengan empat TKP berbeda,” pungkasnya.

Sena


share on: