Tekan Angka Kemiskinan, Walikota Neni Luncurkan Program Baru

share on:

UPDATE BONTANG- Pemerintah Kota Bintang melalui Dinas Koperasi,  UKM, dan Perdagangan melaunching program fasilitasi penguatan modal kerja melalui dana bergulir bagi Koperasi dan pelaku usaha mikro.

Program tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Bontang, Neni Moerniaeni di Pendopo Rujab Walikota, Senin (24/6) pagi.

Launching dari program ini dibarengi dengan penyerahan simbolis bantuan dana bergulir, masing-masing senilai Rp. 25 juta kepada 3 orang pelaku usaha mikro.

"Alhamdulilah, satu lagi program yang tertuang dalam RPJMD Kota Bontang Tahun 2016-2021 bisa diluncurkan. Sumber dana dari program ini dari APBD Bontang sebesar Rp 5 Miliar," kata Walikota Neni dalam sambutannya.

Program ini terealisasi berkat kerjasama antar lintas sektor. Ia berharap program tersebut mampu meningkatkan ekonomi masyarakat serta meningkatkan daya saing dan kualitas usaha mikro dan pertumbuhan usaha Koperasi.

Adapun rincian penerima dana bergulir ini, meliputi Koperasi sebesar Rp. 1 Miliar, Pelaku Usaha Mikro sebesar Rp. 3,5 Miliar, dan  PKL (Pedagang Kaki Lima)  sebesar Rp. 500 Juta.

"Proses pemberian pinjaman sesuai dengan SOP dan mekanisme penyaluran dana bergulir, yaitu maksimal 7 hari kerja. Mulai dari proses pengajuan berkas hingga pencairan," tambah Sekretaris Dinas Koperasi, UKM,  dan Perdagangan Kota Bontang, Rita Atin Widiarti.


share on: