Tsunami Setinggi 1,5 Meter Terjang Palu Dan Donggala

share on:
Detik-detik Tsunami Terjang Palu dan Donggal Sulawesi Tengah.

UPDATE.MAKASSAR,- Gelombang tsunami menerjang Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Tsunami terjadi pasca gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut mengguncang wilayah Palu dan Donggala.



"Untuk sementara satu Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah lima orang hilang karena terseret Tsunami,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (28/9) malam.



Belum ada keterangan lebih lanjut terkait pukul berapa tsunami ini terjadi, juga berapa tinggi gelombang tsunami ini. Tsunami ini menerjang Pantai Talise, Palu.
 

“Dampaknya belum bisa diketahui secara pasti karena semua komunikasi terputus," kata Sutopo.

 

HSaat ini pihak BNPB telah mempersiapkan potensi bencana nasional, baik TNI-Polri, Dinas Kesehatan maupun pihak lainnya untuk melakukan penanganan kepada korban.

 

Sebelumnya Gempa berkekuatan 7,4 skala richter berkedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada pukul 17.02 WIB. Gempa tersebut berada di 0,18 LS, 119.85 BT atau 27 km Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah.
 

Adapun kota/kabupaten yang diminta waspada terhadap tsunami adalah Dongga bagian barat (Sulteng) dengan status peringatan Siaga, Donggala Utara dengan status Waspada, Mamuju Utara (Sulbar) dengan status Waspada, dan Kota Palu bagian barat (Sulteng) dengan status waspada. (*)

Ucup


share on: