Umat Islam Bontang Seruhkan Kemerdekaan Palestina

share on:

BONTANG - Ratusan umat Islam yang tergabung dalam kelompok peduli terhadap Baitul Maqdis (Jerusalem) di Palestina berkumpul di simpang tiga Ramayana, Jalan MH Thamrin, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Selatan, Kalimantan Timur, Senin (14/5) sore.

Mereka menyeruhkan pembebasan Jerusalem (Baetul Maqdis) tempat masjidil Aqsa di Palestina dari genggaman Israel.

Selain itu mereka juga mengecam tindakan Israel dan Amerika Serikat yang terus menindas bangsa Palestina.

Selain berorasi, sebagian peserta aksi solidaritas kemanusiaan untuk rakyat Palestina ini juga menapilkan teatrikal  dan musikalisasi puisi sebagai bentuk dukungan mereka terhadap kemerdekaan Palestina.

"Aksi solidaritas untuk rakyat Palestina ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kami kepada saudara-saudara kami di Palestina yang telah tertindas selama 70 tahun oleh kaum Zeonis (Israel), kata Ibnu selaku koordinator aksi.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Bontang, Agus Haris yang turut hadir dalam aksi ini mengatakan Bangsa Palestina tak terpisahkan dari sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia karena Palestina adalah Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Bangsa Indonesia.

"Kami adalah bagian dari pada bangsa palestina dan wajib bagi umat islam dalam meyatuhkan dukungan kepada sesama muslim, kalau kita tidak bersatu maka temtu islam bercerai berai," lanjut dia

"Kehadiran kita disini karena kami merasakan penderitaan rakyat palestina. Temtu kami mengutuk keras dengan apa yg dialami rakyat palestina," seruan Agus Haris dalam orasinya.

Hal serupa diseruhkan Ketua Komite untuk Rakyat Palestina, Abdul Malik.

"Apa yang kita suarakan adalah hak konstitusi bangsa Indonesia. Kita berdiri disini bukan sekedar berdiri, bersuara kita disini bukan sekedar besuara. Tetapi untuk mendukung kemerdekaan bangsa Palestina," ujar Abdul Malik.

Disamping itu mereka juga mengadakan doa bersama serta megumpulkan donasi untuk warga palestina.

Disisi lain, puluhan personil gabungan dari pihak kepolisian Polres Bontang tanpak berjaga-jaga dan mengatur ketertiban arus lalu lintas.

"Kami menurunkan kurang kebih 55 personil gabungan," kata Kompol Ngadiman selaku Kabag Ops Polres Bontang.

Reporter - Sena


share on: