517.600 dosis vaksin Sinopharm Dijadwalkan Tiba Di Bandara Soetta Hari Ini

share on:
482.400 dosis vaksin Sinopharm tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat(30/4/2021). (Foto: Ilustrasi/ dok. InfoPublik/Amiriyandi)

JAKARTA- Pengiriman tahap dua Vaksin COVID-19 pabrikan Sinopharm dijadwalkan tiba Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Sabtu (1/5/2021) siang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 517.600 dosis vaksin Sinopharm diangkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 891.

Sebelumnya pada Jumat (30/4/2021), Indonesia telah menerima sebanyak 482.400 dosis vaksin Sinopharm dalam bentuk siap pakai.

Di hari yang sama, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin resmi penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Sinopharm.

Vaksin Sinopharm rencananya digunakan dalam program vaksinasi gotong royong. "Kami sampaikan pengumuman bahwa sudah diberikan EUA untuk vaksin produksi Beijing Bio Institute, Sinopharm," kata Kepala BPOM, Penny Lukito.

Penny mengklaim vaksin Sinopharm sudah melewati evaluasi keamanan dan khasiat vaksin. Uji tersebut dilakukan oleh tim ahli bersama ITAGI dan para ahli klinis. 

“Hasilnya, dipastikan dua dosis Sinopharm menunjukkan profil keamanan yang baik,” tungkasnya.

 

Sumber-InfoPublik