Ada Program Bedah Rumah di HUT TNI Dan HUT Kota Bontang

share on:
Dandim 0908/Bontang Letkol Arm Eko Pristiono serahkan kunci rumah dan plakat tanda rumah selesai direnovasi kepada pemilik rumah, Nirmala Dewi didampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Bontang Abdul Rifai dan Lurah Tanjung Laut Azidah.

UPDATE.BONTANG- Nirmala Dewi tak dapat menyembunyikan air mata kebahagiaannya di hadapan tamu undangan dan awak media, Kamis (3/10) pagi. 

 

Senyum dan tangis terus memerah di wajahnya sejak awal acara serah terima kunci rumah dan plakat hingga usai. Air matanya terurai seketika kala menatap rumah yang telah bertahun-tahun tahun ia tempati.

 

Hatinya berkecamuk terus mengucap syukur kepada Yang Maha Kuasa lantaran telah mendapat bantuan program bedah rumah dari pemerintah dan TNI. 

 

Kepada awak media, pemilik rumah di jalan Selat Makassar, RT 25, Kelurahan Tanjung Laut, Kecamatan Bontang Selatan ini pun tak sungkan membeberkan kondisi rumahnya sebelum di renovasi oleh jajaran TNI. 

 

"Dulu hujan sedikit, langsung masuk air ke rumah. Tak jarang juga banjir," kenangnya.

 

Kini lanjut Nirmala, dirinya sudah bisa tidur nyenyak tanpa memikirkan atap rumahnya yang bocor ketika hujan. 

 

"Alhamdulillah, semuanya sudah diperbaiki. Sudah tenang kalau hujan. Terima kasih kepada Kodim 0908 dan Pemkot Bontang atas bantuannya," tukasnya.

 

Terpisah, Dandim 0908/Bontang Letkol Arm Eko Pristiono mengatakan program karya bakti bedah rumah tidak layak huni bagi masyarakat tidak mampu dilakukan dalam rangka HUT ke-74 TNI dan HUT ke-20 Kota Bontang.

 

Ia menegaskan kediaman Nirmala dibedah berdasarkan laporan Babinsa Tanjung Laut yang melihat kondisi hunian yang berada di belakang SMK YKPP tersebut tak layak huni.

 

"Saat itu kondisinya benar-benar parah. Atap bocor, dinding bolong-bolong. Tidak layak huni. Bahkan biawak besar-besar suka masuk rumah," tegas Eko Pristiono.

 

Usai menyerahkan kunci rumah dan plakat tanda rumah selesai direnovasi kepada pemilik rumah, Nirmala Dewi didampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Bontang Abdul Rifai dan Lurah Tanjung Laut Azidah. 

 

Dijelaskan, setelah sepekan bergotong royong dan mengubah hampir 100 persen rumah kondisi rumah tersebut. Kini rumah Nirmala sudah sangat layak ditinggali. Eko merincikan, sekarang kamar Nirmala ada tiga, terdapat ruang tamu, dapur serta kamar mandi pun tak luput dari renovasi.

 

"Sudah pula dicat hijau khas TNI, biawak pun pikir-pikir kalau mau masuk rumah," guraunya.

 

Lebih jauh, Dandim Eko menyebut kegiatan bedah rumah ini terlaksana sebagai bentuk kepedulian sosial TNI dalam memperkokoh Kemanunggalan TNI bersama rakyat. 

 

"Kemanunggalan TNI bersama rakyat wajib terjaga dan terpelihara demi keharmonisan bermasyarakat dan berbangsa. Sehingga terwujud ketahanan wilayah yang tangguh", jelasnya.

 

Sementara itu Abdul Rifai dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0908/Bontang yang turut membantu Pemkot dalam mengurangi permukiman kumuh di Kota Taman.

 

"Sesuai target kami, Bontang mencapai 0 hektare kawasan kumuh di 2021," ujar Rifai.

 

Untuk itu dia berharap, di tahun depan program bedah rumah dapat dilakukan kembali. 

 

"Semoga tahun depan bisa berjalan lagi programnya. Dua sampai tiga rumah bisa dibedah. Terima kasih TNI," kata Rifai. 

 

Turut Hadir dalam kegiatan ini,  Dandim 0908/BTG Letkol. Arm. Eko Pristiono, Kepala Dinas Perkim Kota Bontang H. Abd. Rifa'i, MT , Danramil 0908-01/Loktuan Lettu. Inf. Mujiono, Lurah Tanjung Laut H. Azidah, S.ip, M.si, Ketua RT 25 Kelurahan Tanjung Laut Harnowo, Anggota Kodim 0908/BTG Dan Anggota Koramil 0908-01/LKT, Babinsa dan masyarakat setempat. (Rahman W/Humas/UP)


share on: