Akhirnya Umat Muslim Di Athena Punya Masjid

share on:
Masjid pertama Athena, Yunani

UPDATEINDONESIA.COM- Athena resmi melepaskan status sebagai satu-satunya ibukota Uni Eropa yang tidak memiliki masjid sejak abad-19. Itu setelah Masjid pertama di ibu kota Yunani resmi dibuka, Senin (2/11/2020).

 

Doa peresmian masjid Votanikos atau Athens New Mosque dilakukan dengan protokol kesehatan. Imam pertama masjid tersebut adalah warga negara Yunani asal Maroko, Zaki Mohammed (49).
 

Konon, masjid berkapasitas 350 orang itu dan tidak memiliki menara atau kubah. Masjid terletak di kawasan industri Eleonas, dekat kamp pengungsi. Biaya pembangunan masjid diprediksi menelan anggaran sebesar USD1,04 juta (setara Rp15,1 miliar).

 

Ide pembangunan masjid di Athena telah diprakarsai sejak tahun 1979 silam. Namun, pembangunan masjid terhambat oleh birokrasi dan tentangan dari kelompok Gereja Ortodoks Yunani. Baru pada 2006 pemerintah Yunani menerbitkan izin pembangunan masjid di kota tertua tersebut.

 

Kehadiran masjid ini juga sekaligus membawa pesan demokrasi dan kebebasan beragama di Republik Hellenik. Mengingat tak sedikit masjid bersejarah di sana ditutup dan dibiarkan terbengkalai. Imbasnya, setengah juta umat Muslim di Athena harus menuju ruang bawah tanah yang tidak layak dijadikan tempat ibadah.

 

"Masjid ini menjadi pesan penting untuk demokrasi, kebebasan beragama, dan toleransi," kata Sekretaris Keagamaan Yunani, Giorgos Kalantzis, dikutip Al Jazeera. (*)


share on: