Bentrok Antar Pekerja di Morowali Telan Dua Korban Jiwa

share on:
Bentrok antar pekerja di Morowali diduga melibatkan TKA Cina Vs Pribumi

UPDATEINDONESIA.COM- Bentrok antar pekerja pecah di pertambangan Nikel PT GNI, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1/2023) malam. Insiden ini mengakibatkan dua orang tewas dan sejumlah luka-luka.


Selain itu, tercatat puluhan kendaraan inventaris PT GNI serta sedikitnya 100 kamar mess karyawan dirusak dan dibakar massa. Sementara 70 oknum yang disinyalir melakukan pengrusakan fasilitas perusahaan telah ditahan di Polres Morowali Utara.


"Sedang selidiki untuk mengungkap siapa yang meninggal dunia dari TKI dan TKA. Kenapa meninggal dunia, saya akan lakukan penyelidikan ini semuanya," ujar Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi.


Informasi yang dihimpun bentrok antar pekerja bermula saat ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT GNI melakukan mogok kerja dan menerobos masuk ke area Smelter 1. Namun upaya mereka dihadang TKA Cina menggunakan tongkat besi hingga terjadi saling kejar antar kedua kubu.


Bentrok baru bisa dikendalikan setelah petugas gabungan TNI dan kepolisian melerai kedua kubu menggunakan kendaraan taktis dan gas air mata. Sementara TKA Tiongkok dievakuasi ke tempat yang aman. 


Menyikapi itu, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura meminta semua tokoh publik dan pemangku kepentingan supaya memberikan solusi dan menenangkan situasi. Serta tidak membuat komentar yang dapat memperkeruh suasana.


"Saya juga berharap aparat keamanan, dalam hal ini Polri bersama TNI dapat menyelesaikan persoalan tersebut sesuai aturan hukum yang berlaku agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari ," kata Rusdy Mastura. (*)