Berikut Pilihan Aplikasi Mudik Virtual Bagi Kamu Yang Gak Bisa Pulkam Akibat Pandemi

share on:
Ilustrasi mudik virtual

UPDATEINDONESIA.COM- Tradisi mudik lebaran merupakan peristiwa yang ditunggu-tunggu umat muslim Indonesia setiap menjelang lebaran. Sayangnya, tradisi turun temurun itu sulit terealisasi tahun ini akibat pandemi Covid-19 yang sedang melanda di Tanah Air.

Sebagai gantinya, sejumlah perusahaan developer menawarkan aplikasi yang bisa digunakan untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga maupun kerabat dekat, salah satunya mudik virtual.

Caranya? cukup memanfaatkan perangkat smartphone dan koneksi internet yang stabil. Kemudian menginstal aplikasi video conference seperti Zoom, Google Meet, hingga WhatsApp.

Aplikasi Whatsapp menghadirkan fitur group video call hingga delapan peserta dalam satu kesempatan. Bahkan, aplikasi milik Facebook ini kabarnya akan segera menghadirkan fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya melakukan video call hingga 50 peserta pada platform desktop.

Selain Whatsapp, aplikasi Zoom menjadi populer dalam beberapa waktu terakhir di tengah anjuran Social Distancing dan work from home atau WFH akibat pandemi Covid-19.

Aplikasi video conference ini banyak dimanfaatkan untuk mengadakan meeting online. Aplikasi ini sangat memungkinkan berkomunikasi jarak jauh lebih praktis, efisien dan disertai banyak fitur- fitur yang membuat pertemuan online lebih nyaman. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya.

Aplikasi Zoom ini dinilai punya kualitas yang mumpuni. Buktinya, setengah dari perusahaan yang masuk ke Fortune 500 sudah menggunakan layanan tersebut. Bapak presiden RI Joko Widodo dan jajarannya dikabarkan juga menggunakan aplikasi tersebut untuk rapat online dengan anggota kabinet.

Selain Zoom dan Whatsapp, deretan daftar aplikasi meeting online baik berbayar maupun gratis jadi referensi. Antara lain :

1. Skype

Aplikasi besutan Microsoft ini bisa menjadi referensi ketika hendak melakukan meeting online berbasis panggilan video dengan maksimal 25 orang sekaligus. Anda bisa mengaksesnya dari smartphone, PC, hingga TV.

2. Teams

Sama seperti Skype, Teams juga milik Microsoft. Bedanya, Teams menjangkau lebih banyak pengguna, bisa sampai 10 ribu dalam sekali panggilan. Ini menjadi jawaban bagi Anda yang ingin melakukan live conference sekaligus.

3. Google Meet

Platform Google yang sebelumnya bernama Google Hangouts ini juga mampu melakukan panggilan video. Keunggulannya, Google Meet terintegrasi langsung dengan Google+ dan Gmail. Jadi, disisi akses sangat mudah bagi Anda, cukup dengan Gmail.

4. Google Duo

Berbeda dari Meet, Google Duo hanya mampu mengundang partisipan secara kecil, maksimal 12 pengguna saja. Aplikasi panggilan video ini tersedia bagi beberapa jenis perangkat, diantaranya Android, iOS, tablet dan Website.

5. Cisco Webex

Mungkin aplikasi ini terdengar asing bagi Anda, namun melalui panggilan video mampu mengajak hingga 100 partisipan. Sayangnya, layanan ini akan dikenakan biaya berlangganan bagi pengguna. Layaknya Zoom, Cisco Webex juga memungkinkan para penggunanya untuk berbagi layar kepada peserta lain. (*)


share on: