Bertambah Lagi, BTG 16 Tidak Memiliki Riwayat Ke Luar Kota

share on:
Tim Gugus Covid 19 Bontang saat jumpa pers, Sabtu (20/6)

UPDATEINDONESIA.COM- Kasus positif Covid-19 di Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) kembali bertambah menjadi 16 orang.

“Terjadi penambahan kasus baru sebanyak satu orang, yakni BTG 16 merupakan perempuan 41 tahun yang saat ini di rawat di RS PKT,” kata Kadis Kesehatan Bontang, dr Bahauddin dalam pernyataan resminya kepada wartawan, Sabtu (20/6) petang.

Dia menyebut, ksus pasien BTG 16 mirip dengan BTG 13, yakni sama-sama anomali karena tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah maupun kontak tracing dengan kasus yang terkonfirmasi positif.

Bahauddin mengatakan, deteksi awal kasus BTG 16, bermula dari skrining massal yang dilakukan oleh perusahaan tempat yang bersangkutan bekerja pada 15 Juni 2020.

Karena hasil rapid test BTG 16 reaktif, maka, esok harinya ditindak lanjuti pemeriksaan swab dan hasilnya terkonfirmasi positif hari ini. “Sudah dilakukan tracing kontak terhadap 4 anggota keluarga dan 54 orang rekan kerja di perusahaan,” tuturnya.

Bahauddin menyebut, empat anggota keluarga pasien BTG 16 saat ini di isolasi di RS PKT. Sementara 45 rekan kerja BTG 16, isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil swab.

“Sekarang ini, tracing kontak masih berlangsung,” terang Bahauddin.

Dari catatan updateindonesia.com, sejauh ini tercatat sudah dua orang perkeja di Kawasan industri Pupuk Kaltim, Bontang dinyatakan terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona, yakni BTG 13 dan BTG 16. (*)