Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Gelar Pelatihan Kuliner

share on:
Pembukaan Pelatihan Kuliner di Rumah Boga Restaurant & Cafe, Kamis 28 November 2019

UPDATE.BONTANG - Berbagai upaya dilakukan Pemkot Bontang, Kalimantan Timur dalam mendorong kemandirian para pelaku UMKM Kuliner. Salah satunya melalui pelatihan dan pembekalan yang digagas Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan bekerja sama dengan LPK Bontang Basic Entrepreneur Camp (BBEC), dan Rumah Jaring Aspirasi Masyarakat Bontang (RuJAB).

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Bontang, Rita Atin Widiarti mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dari 28 November hingga 2 Desember 2019 di Rumah Boga Restaurant & Cafe.

"Selama lima hari kedepan, sebanyak 49 peserta dari berbagai kalangan akan mengikuti pembekalan dari Masterchef Muhammad Hilman dan Toni Iswanto Trinanda untuk mewujudkan UMKM Kuliner Milenial yang mandiri," usai membuka pelatihan ini, Kamis (28/11)

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pengetahuan tambahan dari mantan koki senior Rumah Makan KMBU, Yon Maryono dan Katman. "Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan masyarakat secara mandiri sehingga tingkat pengangguran dan angka kemiskinan bisa berkurang," tegasnya. 

Ketua RuJAB), Muhammad Dahnial menambahkan, potensi kuliner di Bontang sejatinya cukup menjanjikan. Hanya saja masih ada yang belum bisa menyajikan sesuai keinginan pelanggan, buntutnya tidak sedikit pelaku Kuliner gulung tikar karena kalah bersaing. 

"Contoh kecil ketika menunggu pesanan berjam-jam. Kondisi itu bisa menimbulkan cita rasa dan keinginan pengunjung berbeda, akibatnya pelanggan tidak mau balik lagi," ujarnya. 

Kemudian hasil survei menunjukkan bahwa daerah besar seperti Makasar, Jakarta, Bandung, dan Surabaya selalu menjadi kiblat Kuliner di Indonesia. Sehingga untuk menjadi pioner, masyarakat di Bontang perlu dibekali wawasan pengolahan cita rasa yang berkualitas dan berbeda dengan daerah lain. 

"Apalagi survei lain menunjukkan bahwa sekitar 45 persen penduduk Bontang lebih doyan jajan di luar ketimbang masak di rumah," tandasnya. (Rus)


share on: