Dukungan PT Pupuk Kaltim Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Warga Loktuan Memaknai Hari Kemerdekaan

share on:
Atraksi Peserta Parade Gerak Jalan di depan Panggung Kehormatan

UPDATE.BONTANG- Warga Kelurahan Loktuan Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur turut memeriahkan HUT RI ke 74 dengan parade gerak jalan dan pawai mobil hias, Minggu (18/8) pagi.

Kegiatan didukung penuh oleh PT Pupuk Kaltim ini diikuti seluruh pelajar TK, SD, SMP hingga setiap perwaklan RT di Kelurahan Loktuan. Tak ayal, akses jalan Slamet Riyadi, mulai dari depan Kantor Koramil hingga Pelabuhan hampir lumpuh total akibat dipadati ribuan warga yang ingin menyaksikan langsung atraksi unik dari setiap peserta. Kegiatan ini disaksikan lagnsung oleh WaliKota Bontang, Neni Moerniaeni dan anggota DPRD, Astuti dan Sitti Yara.

"Semangat juang dibuktikan hari ini, dan menunjukkan bahwa maryaakat Bontang memiliki jiwa profesional di bidangnya masing-masing. Semangat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74," singkat Neni.

Ketua panitia yang juga selaku Ketua Forum RT di Kelurahan Loktuan, Sukri menyebutkan kegiatan ini diikuti sebanyak 46 kelompok peserta. Terdiri dari 20 grup perwakilan RT, 14 grup pelajar SD, 6 grup pelajar SMP, dan 6 kelompok anak TK. 

Sukri pun memberi apresiasi khusus bagi warga loktuan, karena telah meluangkan waktu, berkontribusi memberikan sumbang saran maupun materil sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses.

“Paling istimewa adalah sumbangsi PT Pupuk Kaltim yang telah mendukung penuh kegiatan ini sehingga ide-ide panitia bisa tersalurkan. Tahun depan kita akan melakukannya dengan lebih meriah,” harapnya.

Perwakilan Manajemen Pupuk Kaltim, Yudi Vergiono (Jaket Biru) bersama Lurah Loktuan, anggota DPRD, panitia pelaksan dan peserta parade gerak jalan dan pawai mobil hias

Senada, Lurah Loktuan, Muhammad Takwin menambahkan kegiatan lomba memeriahkan hari kemerdekaan di Kelurahan Loktuan bukan hanya gerak jalan dan pawai. Melainkan masih ada lomba karaoke, demo masak, baca puisi, dan panjat pinang diatas laut yang bakal terlaksana dalam waktu dekat.

“Tentu kami ucapkan terima kasih kepada PT Pupuk Kaltim yang tak henti-hentinya memberikan kontribusi nyata kepada warga kami,” ucap Muhammad Takwin.

Sementara itu, Perwakilan Manajemen Pupuk Kaltim, Yudi Vergiono menyebutkan parade gerak jalan sejatinya rutin dilaksanakan setiap menyambut hari kemerdekaan. Namun sempat vakum di 2018 karena bantuan dari perusahaan disalurkan langsung ke tiap RT. Tahun ini dicoba lagi dengan melibatkan Kelurahan dan Forum RT.

“Terakhir dilaksanakan di 2017. Tahun ini kita coba besarkan lagi dengan penambahan pawai mobil hias supaya lebih meriah,” tutur Yudi.

Yudi menegaskan, Pupuk Kaltim akan terus mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan masyarakat sekitar perusahaan. Terutama di momen perayaan hari kemerdekaan.

“Harapannya di momen perayaan 17 Agustus seperti ini kita bisa sama-sama merasa merdeka bareng-bareng dengan masyarakat sekitar perusahaan,” pungkas Yudi. (Sena)


share on: