Gemuruh Kemerdekaan, Pupuk Kaltim Sponsori Race Ketinting Di Selambai

share on:
Pembukaan Race Ketinting Kelas 6-13 PK di Selambai, Kelurahan Loktuan (Foto-Dok. Humas PKT)

UPDATE.BONTANG- Detik-detik Proklamasi 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia memang telah berlalu. Namun hingga kini hingar-bingar tampak masih terasa. Seperti halnya yang dilakukan warga di Kampung Selambai Kelurahan Loktuan Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (24/8) pagi.

Warga yang bermukim di perkampungan atas laut tersebut  terlihat memaknai kemerdekaan dengan menggelar Race Ketinting kelas 6-13 PK, dengan tema "Gemuruh Kemerdekaan, Gemuruh Selambai 2019. Digelar selama dua hari, mulai 24-25 Agustus 2019 dengan sponsor utama PT Pupuk Kaltim. 

Perwakilan Manajemen PT Pupuk Kaltim, Yudi Vergiono menyebutkan setidaknya ada tiga agenda Race Ketinting yang disponsori Pupuk Kaltim tahun ini. 

Pertama, Race Ketinting yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Tanjung Limau bekerjasama dengan Taman Nasional Kutai (TNK). Kedua, Race Ketinting yang saat ini sedang berlangsung di Selambai Kelurahan Loktuan, bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Selambai Berkarya (IPSB). 

Lalu Race Ketinting yang saat ini sedang digagas bersama Ikatan Pemuda Bontang Kuala (IPBK), yang rencananya terlaksana saat gelaran pesta laut di Bontang Kuala.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi antara manajemen perusahaan dengan masyarakat, terutama warga pesisir sehingga komunikasi bisa terus terjalin dengan baik," ujar Yudi saat dikonfirmasi.

Yudi menilai lomba balap Ketinting sebagai salah satu kegiatan positif warga pesisir yang patut mendapat dukungan. Karena itu PT Pupuk Kaltim menyambut baik. "Tidak hanya bagi warga Selambai. Melainkan semua kegiatan positif masyarakat juga pasti kami dukung, terutama menyangkut pelestarian lingkungan," lanjut dia.

Peserta Race Ketinting di Selambai Kelurahan Loktuan (Dok. Humas PKT) 

Ketua panitia, Adi menambahkan Race Ketinting di Selambai sejatinya bukan hal baru, karena sudah pernah dilaksanakan tahun lalu. Dari itu peserta diharapkan bisa menjunjung sportifitas dan keselamatan saat bertanding. 

"Sebab, tujuan utama dari lomba ini untuk mempererat silaturahmi dalam memaknai momen hari kemerdekaan, disamping melestarikan salah satu kearifan lokal yang dimiliki Kota Bontang," ucap ketua IPSB itu

Kedepan, Adi berharap gelaran Race Ketinting di Selambai tak hanya mendapat dukungan dari perusahaan tetapi juga dari pemerintah kota suapaya bisa lebih meriah. Apalagi peminatnya banyak dari luar Bontang.

"Jumlah yang telah mendaftar ada sekitar 25 peserta dari berbagai kawasan pesisir, seperti Bontang Kuala, Tanjung Limau, Sangkima (Kutim), Selambai. Itu belum termasuk peminat dari Kutai kartanegara dan Samarinda yang tahun ini belum bisa terakomodir," lanjutnya. 

Dari jumlah peserta tersebut, nantinya akan terbagi dalam lima kelompok sesuai kelas yang dilombakan. "Setiap kelompok yang terdiri dari lima peserta wajib menaklukkan lintasan sepanjang empat kilometer atau 2 putaran. Dua dari lima peserta yang finis di urutan paling buncit dinyatakan gugur," pungkasnya. 

Sementara itu, Tokoh Masyarakat setempat, Sabirin mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut. "Harapan saya race Ketinting ini bisa rutin terselenggara tiap tahun karena menjadi wadah bagi warga untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas," haranya. (Sena)


share on: