Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kembali Bergema Di Bali

share on:
Kemenkraf Luncurkan Gernas BBI 2021 di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Jakarta- Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI 2021) kembali diluncurkan. Momen peluncuran digelar Gernas BBI 2021 diselenggarakan secara hybrid dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Senin (11/1).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebut kegiatan Gernas BBI 2021 sebagai wujud nyata sinergi yang baik antara pemerintah dengan pihak swasta dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM.

“Gerakan ini sebagai bentuk kampanye nasional dalam mendorong pelaku UMKM untuk go digital, serta lebih meningkatkan kehadiran produk-produk lokal yang inovatif dan memiliki daya saing tinggi dengan memaksimalkan kearifan lokal sebagai ciri khas,” ujar Sandiaga dilansir kemenparekraf.go.id.

Selain itu, Gernas BBI juga mendorong masyarakat bergotong royong, bahu membahu untuk semakin mencintai dan menggunakan produk ekonomi kreatif karya anak bangsa, khususnya UMKM.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia lahir sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk kebangkitan industri ekonomi kreatif tanah air agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Gerakan tersebut kemudian dijalankan dengan sinergi aktif dari 13 Kementerian/Lembaga di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Pada program BBI 2020, sebanyak 3,4 juta UMKM tergabung dalam ekosistem digital. Sandiaga berharap di tahun ini semakin banyak pelaku UMKM yang go digital.

“Untuk masyarakat Indonesia, kita harus lebih mencintai, membeli, dan menggunakan produk-produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM Indonesia,” tutur Sandiaga. (*)


share on: