IGA 2019, Bontang Kota Terinovatif Ketiga Di Indonesia

share on:
Mendagri Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan Kota Terinovatif kepada Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni (Foto-Aad/Humas)

UPDATE BONTANG – Kota Bontang, Kalimantan Timur kembali meraih anugerah bergengsi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, yaitu Innovative Government Award (IGA) 2019. 

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni di Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Senin (7/10/2019) malam.

Dalam kesempatan ini, Neni menyatakan rasa syukur dan terima kasih atas capaian dari kerja keras para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Bontang.

Neni yang selalu mengusung prinsip pemerintahan yang kolektif kolegial menyatakan bahwa anugerah ini merupakan hasil kerja bersama.

Selain itu, ia juga menyebut banyaknya inovasi atau program perubahan yang dilakukan para ASN di lingkup Pemkot Bontang menjadi salah satu faktor keberhasilan Kota Taman meraih peringkat ketiga sebagai kota kecil terinovatif di ajang ini. 

“Terima kasih yang tak terhingga saya ucapkan kepada seluruh ASN Kota Bontang dan masyarakat yang terus berinovasi," ujar Neni.

Neni menuturkan, penghargaan ini bisa menjadi pelecut semangat agar para ASN bekerja lebih giat dan tak ragu dalam berinovasi. Sehingga masyarakat mendapat pelayanan publik optimal. 

"Kami juga ingin visi dan misi bisa terlaksana atau sesuai dengan capaian indikator. Alhamdulillah sudah kedua kalinya Bontang menjadi kota terinovatif di antara 500 kabupaten kota lainnya," ujarnya.

Ia pun mendorong agar setiap instansi senantiasa mencari solusi agar bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat. 

Diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP)  menggelar Innovative Government Award (IGA) 2019.

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah inovatif yang terdiri dari 5 Provinsi, 10 Kabupaten dan 9 Kota yang terinovatif. Selain itu, Kemendagri juga memberikan penghargaan kepada tiga pemerintah perbatasan dan dua daerah tertinggal. (**/Mega/Humas/Up/Rus)

 

Berikut daftar daerah Peraih IGA 2019 :

3 Daerah Perbatasan

  1. Kabupaten Pelalawan

  2. Kabupaten Bengkalis

  3. Kabupaten Morotai

 

2 Daerah Tertinggal 

  1. Kabupaten Sigi

  2. Kabupaten Nabire

 

10 Kabupaten terinovatif

  1. Banyuwangi

  2. Kulon Progo

  3. Malang

  4. Situbondo

  5. Banggai

  6. Agam

  7. Musi Rawas

  8. Hulu Sungai Selatan

  9. Bogor

  10. Padang Pariaman

 

9 Kota terinovatif

  1. Denpasar

  2. Bogor

  3. Bontang

  4. Malang

  5. Cimahi

  6. Bandung

  7. Makassar

  8. Magelang

  9. Surakarta


 

5 Pemerintah Provinsi Terinovatif

  1. Jawa Tengah

  2. Jawa Barat

  3. Sumatera Barat

  4. DKI Jakarta

  5. Riau


share on: