IKA SMA YPK Gelar Reuni Akbar, Ada Grace Dari Amerika Serikat

share on:
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni hadiri reuni akbar IKA SMA YPK

UPDATE BONTANG,- Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) Bontang sukses menggelar Reuni Akbar angkatan 1989-2018 bertema "Alumni SMA YPK Back To School", di Plaza SMA YPK Kompleks Perumahan PKT, Sabtu (6/7) pagi

 

Acara yang berlangsung sejak pukul 06.30 WITA itu diawali dengan berbagai hiburan menarik. Mulai dari Senam Bersama, Fun Walk, penampilan Marching Band PKT, Band Alumni YPK, Bakti Guru, Launching Program Bakti Kesehatan, Bazar, Cek Kesehatan, Merchandise. Tak sampai disitu, panitia juga menyediakan berbagai hadiah doorprize dari sponsor.

 

Tak ayal, lebih dari 500 alumni SMA YPK larut dalam ajang temu kangen dan mempererat silaturahmi antar alumni dari berbagai angkatan. Mereka seolah terlihat tak ingin melewatkan momen indah tersebut untuk saling bertukar cerita hingga foto bareng.

Panitia Pelaksana, Agus Hardiyanto dalam sambutannya mengatakan, tema "Alumni SMA YPK back To School" sengaja dipilih sebagai momentum bagi Alumni SMA YPK untuk bersatu dan bersinergi dalam mengisi pembangunan di Indonesia.

 

Senada, Ketua IKA SMA YPK, Landl Wibisana berharap peran Alumni YPK bisa berperan penting terhadap perkembangan SMA YPK kedepan. Apalagi Alumni SMA YPK tersebar di berbagai penjuru kabupaten/kota di Indonesia. Bahkan ada yang jauh-jauh datang dari Amerika Serikat dan Malaysia hanya  untuk menghadiri Reuni Akbar ini.

 

"Maka dari itu, peran Alumni YPK sangat diharapkan bisa memberikan manfaat bagi Kota Bontang dan Indonesia pada umumnya serta dunia," lanjut dia.

 

Di Bontang,  Alumni SMA YPK yang bergerak di bidang medis jumlahnya luar biasa. Bahkan sekarang ini ada beberapa alumni yang berkumpul membuka klinik untuk cek kesehatan gratis. Mereka ini dokter umum dan dokter gigi.

 

"Maka dari itu IKA SMA YPK bercita-cita membuka klinik di YPK. Supaya bisa lebih memberikan manfaat dan maju bersama Yayasan Pupuk Kaltim," tandasnya.

 

Dihadiri Alumni Dari Luar Negeri


Grace Soebandi Smith Alumni SMA YPK Angkatan 1991

Grace Soebandi Smith, Alumni SMA YPK angkatan 1991 mengaku, nekat jauh-jauh terbang dari Houston Texas Amerika Serikat ke Bontang demi ikut Reuni Akbar karena merasa kangen dengan teman-temannya.

 

Apalagi sejak lulus dan menjejakkan kaki di Negeri Paman Sam pada 1996 silam, Grace belum pernah ikut Reuni Akbar bersama IKA YPK. "Saya disini karena rindu dengan teman-teman. Dan saya sangat terharu karena teman-teman disini masih bisa meluangkan waktu untuk bertemu," tutur Grace.

 

Semasa menuntut ilmu di SMA YPK, Grace mengaku memiliki banyak kenangan. Kenangan itu tidak hanya di YPK tetapi juga di Marching Band. Misalnya, ketika Grace pertama kali mengikuti kejuaraan Marching Band di Kutai Timur pada 1990 silam. Kala itu ia hampir tidak direstui oleh gurunya.

 

Alasanya, kejuaraan yang diikutinya Grace waktu bukan mengatasnamakan sekolah. Alasan lain kata dia adalah karena saat itu dirinya sudah memasuki persiapan ujian akhir kelulusan sekolah. Mengingat Grace sudah duduk dibangku kelas kelas tiga SMA.

 

"Waktu itu kepala sekola bilang kalau ada surat pernyataan ke orang tua jangan dikasih. Jadi hampir gak bisa ikut kejuaraan Marching Band. Tapi pada akhirnya diizinkan dan bisa merebut juara dua," perempuan tiga anak itu.

 

Kenangan lain seingat Grace adalah, ketika pertama kali mendaftar di SMA YPK. Saat itu Grace harus melewati berbagai prosedur yang diterapkan pihak sekolah karena status bukan sebagai anak karyawan PKT.

 

"Ceritanya waktu itu YPK belum banyak muridnya karena baru dibuka. Nah saya kan pindahan dari SMA Negeri I Samarinda, tetapi orangtua saya bukan karyawan PKT.  Hanya paman saya di PKT," kata dia.

 

Kemudian, Kepala Sekolah SMA YPK, Pak. Susanto waktu itu bilang ke paman saya. "Kita memang perlu murid, tapi ada klasifikasinya. "Statusnya cuma paman aja kan bukan anak," ujar Grace menirukan perkataan Pak. Susanto.

 

Paman saya menjawab. "Di tes aja dulu gimana? kata Grace. Singkat cerita, Grace akhirnya diuji dan lulus dan dengan nilai sangat memuaskan, yakni 100. "Jadi itulah asal-usul saya di YPK," pungkas Grace. (adv/Sen).


share on: