Jokowi Ingin Wujudkan IKN Sebagai Rujukan Dunia

share on:
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)

UPDATEINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap semua elemen masyarakat berkontribusi mewujudkan Ibu Kota Negara (IKN)  baru di Kalimantan Timur (Kaltim) terkoneksi digital (Smart) dan menjadi rujukan negara lain.

"Mari kita rancang Ibu Kota baru menjadi kawasan yang benar-benar smart desain. Agar, menjadi pionir dan rujukan dunia," ujar Jokowi dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/4/2021).

Jokowi mengatakan, idealnya dalam mewujudkan IKN pemerintah harus mempertimbangkan penggunaan teknologi demi kenyamanan masyarakat. Begitupun IKN di Kaltim, teknologi digital nantinya dituntut mampu menjangkau semua lapisan masyarakat dalam beraktivitas. 

"Kemudahan yang ditawarkan melalui penggunaan teknologi digital tentu membuat masyarakat merasakan manfaat yang nyata," tutur Jokowi.

Presiden mengharapkan keberadaan IKAN di Kaltim yang terkoneksi digital nantinya harus mempunyai ciri khas yang mencerminkan kultur Indonesia. Dengan begitu, IKN dapat membuka sekat-sekat kelas sosial yang dimiliki oleh berbagai elemen masyarakat yang tinggal.

Sehingga, setiap elemen masyarakat dapat menikmati perangkat teknologi. "Merancang komplek pertokoan yang tidak eksklusif. Tidak hanya kelas atas saja, tapi juga campur untuk konsumsi masyarakat bawah," tuturnya.

Jokowi meyakini, bila IKN dirancang dengan matang dan sesuai kriteria tertentu, maka akan berkontribusi terhadap kehidupan masyarakat . Sehingga, dapat meningkatkan kualitas hidup bagi warga di Kaltim.

"Perencanaan penataan kota yang matang tidak hanya berkontribusi terhadap kualitas hidup warganya, melainkan berpengaruh pada kualitas lingkungan, kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya serta terhadap Citra Indonesia di mata masyarakat internasional," pungkas Jokowi. (*)