Junaidi Terancam Lengser Dari Kursi Wakil Ketua DPRD Bontang?

share on:
Junaidi - Wakil Ketua DPRD Bontang dari partai PKB diapit para kolega di legilatif

UPDATEINDONESIA.COM- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Bontang buka suara menanggapi isu wacana Pergantian Antar Waktu (PAW) Junaidi dari kursi wakil ketua DPRD.


Sekjen DPC PKB Bontang Suwartono menduga isu tersebut mencuat lewat Dewan Pengurus Pusat (DPP). Namun secara kepartaian pihaknya belum menerima surat pemberitahuan resmi.


“Mungkin itu permintaan DPP? Yang jelas, bukan usulan dari DPC,” tutur Suwartono saat dikonfirmasi, Senin (9/5/2020).


Suwartono mengatakan memang Junaidi sebelumnya punya komitmen politik mengenai pengadaan lahan kesekretariatan partai dengan DPP.


“Tetapi komitmennya sudah dilaksanakan, kayaknya? Lebih afdol kalau ditanyakan langsung ke ketua partai (Walikota Bontang, Basri Rase),” katanya.


Suwartono juga menegaskan bahwa sejauh ini tidak konflik internal di tubuh PKB Bontang. maupun di fraksi DPRD. Apalagi sudah mendekati pendaftaran parpol di KPU.


“Agustus mendatang [kan] sudah pendaftaran di KPU. Tentu partai pengen menang, masa bikin kisruh,” pungkasnya.


Sebelumnya beredar kabar mengenai wacana PKB akan melakukan rotasi di kursi wakil ketua unsur pimpinan DPRD. Belum diketahui sumber informasi tersebut secara pasti.


Namun banyak spekulan menilai PKB bakal mendorong Abdul Haris untuk menggantikan posisi Junaidi dari jabatan wakil ketua DPRD.


Kapabilitas anggota Komisi I itu dinilai lebih layak ketimbang Siti Yara jika PKB ingin mengimbangi dominasi kubu oposisi pemerintah di legislatif.


Diketahui, PKB Bontang berhasil menjadi parpol pemenang kedua, setelah Golkar pada Pemilihan Legislatif 2019 dan mengutus tiga orang wakilnya di DPRD. Masing-masing Junaidi menjabat wakil ketua, Siti Yara di Komisi II, dan Abdul Haris di Komisi I.


Mereka kemudian membentuk poros Fraksi PKB bersama PPP dan PDIP di DPRD dan menjadi partai pengusung pasangan Basri Rase - Najirah (sebelumnya mendiang Andi Darma - Basri Rase) pada Pilkada 2020.