Kaltim Terbaik Ketiga Indeks Kemerdekaan Pers 

share on:
Ketua Dewan Pers Nasional, M Nuh (kiri) dalam Focus Group Discussion (FGD) Indeks Kemerdekaan Pers (IKP)

UPDATEINDONESIA.COM- Provinsi Kalimantan Timur menempati posisi ketiga penilaian Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2021. Catatan ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) yang dilakukan Dewan Pers di Hotel Santika, Slipi Jakarta, Selasa (08/06/2021). 

“Kaltim berada di peringkat ketiga, di bawah Provinsi Kepulauan Riau dan Jawa Barat,” sebut Endro S. Efendi, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim sekaligus informan ahli yang ditunjuk mewakili Kaltim dalam FGD tersebut.

Endro mengatakan posisi Kaltim tetap terbaik di antara semua provinsi di Kalimantan. Bahkan di wilayah Indonesia tengah dan timur. Nilai indeks kemerdekaan pers Kaltim adalah 82,27. Sementara Kepulauan Riau 83,30 disusul Jawa Barat 82,66,” sambung Endro.

Di bawah Kaltim, Sulawesi Tengah dengan nilai 81,78, disusul Kalimantan Selatan dengan nilai 81,64. Nilai Indeks Kemerdekaan Pers yang diraih Kaltim ini bahkan melebihi nilai angka rata-rata nasional yakni 77,70.

Dewan Pers menggandeng PT Sucofindo sebagai surveyor dalam Indeks Kemerdekaan Pers (IKP). Tahapan survei dilakukan di 34 provinsi. Hasilnya menempatkan Kaltim bertahan di posisi tiga, setelah dalam IKP tahun lalu, Kaltim juga berada di posisi yang sama.

Ketua Tim Survei Indeks Kemerdekaan Pers 2021, Emilia Bassar menyampaikan, FGD yang dilakukan untuk finalisasi indeks kemerdekaan pers secara nasional. Hasil IKP 2021 ini menempatkan posisi Indonesia belum sepenuhnya dinyatakan bebas. 

“Untuk dikatakan bebas, daerah harus meraih nilai IKP 90 sampai 100. Yang diraih Kepulauan Riau hingga Kaltim, masih tergolong cukup bebas.  

Sementara provinsi dengan nilai Indeks Kemerdekaan Pers 2021 terendah berada di Provinsi Maluku Utara dengan nilai 68,32 dan Papua yakni 68,87, dan Papua Barat, 70,59. (*)