Khabib Nurmagomedov Putuskan Pensiun

share on:
Pelatih Abdulmanap Nurmagomedov (ayah-kiri) dan petarung MMA Khabib Nurmagomedov (anak-kanan).

UPDATEINDONESIA.COM- Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun dari ajang Ultimate Fighting Championship (UFC). Keputusan resmi itu disampaikan Khabib usai melumat Justin Gaethje pada UFC 254, di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10) dini hari WIB.

Kemenangan atas Justin Gaethje membuat putra Abdulmanap Nurmagomedov itu mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC sekaligus menjaga rekor 29 kali tak terkalahkan. "Ini adalah pertarungan terakhir saya," kata Khabib Nurmagomedov, dilansir dari Reuters, Minggu 25 Oktober 2020.

Petarung 32 tahun itu merasa tidak mungkin bertarung tanpa didampingi sang ayah, yang juga menjadi pelatihnya yang meninggal dunia karena sakit jantung dan komplikasi disertai paparan virus Covid-19, 3 Juli 2020 lalu.

"Saya berbicara dengan ibu saya tiga hari yang lalu. Ia tidak ingin saya bertarung tanpa ayah saya, namun saya berjanji kepadanya bahwa ini merupakan pertarungan terakhir saya, dan saya harus menepatinya. Saya hanya menginginkan satu hal dari UFC, yaitu memberikan gelar petarung pound for pound nomor satu di dunia. Saya merasa berhak atas hal itu,”  tutur salah satu atlet Muslim itu.


Berikut profil lengkap Khabib Nurmagomedov dilansir Kompas.com

Khabib Nurmagomedov lahir pada 20 September 1988 di pegunungan Sildi Dagestan, Rusia. Ayah Khabib adalah Abdulmanap Magomedovich Nurmagomedov yang merupakan pelatih sambo tempur yang terkenal di Rusia. Sambo merupakan seni bela diri asli Rusia yang menggabungkan gulat, judo, jujitsu, tinju, savate, dan seni bela diri lain.

Sejak kecil dibesarkan untuk menjadi seorang petarung. Bukan hanya sekedar mengejar uang, sepanjang karirnya, ayahnya selalu mendampinginya. Di bawah bimbingan sang ayah, Khabib mengembangkan karirnya sebagai atlet profesional. Ayahnya kemudian mengarahkan Khabib untuk berlatih judo kepada Jafar Jafarov yang memiliki sekolah judo terbaik di negara itu. 

Pada 2005, Khabib mulai mengikuti kejuaraan Sambo dengan bimbingan ayahnya. Saat itu ia mulai menjadi juara Rusia dan Juara Dunia Sambo sebanyak 2 kali. Pada 2003 ia kemudian beralih ke seni bela diri campuran profesional yang saat itu mulai populer.

Pada 13 September 2008, ia mencetak kemenangan pertamanya di MMA Poltava Ukraina pada CSFU: Turnamen Liga Champion. Pada 2017, Khabib memiliki rekor 24 kemenangan tanpa kekalahan selama kariernya. Selanjutnya, ia memulai debutnya di UFC pada 20 Januari 2012 dengan mengalahkan atlet Iran Kamal Shalorus

Pada 2014, ia sempat menderita cedera lutut dan membuatnya absen selama setahun. Cedera tersebut dialami saat tengah mempersiapkan diri melawan Tony Ferguson. Pada 2015, ia kembali mengalami cedera tulang rusuk dan kembali memaksanya menepi selama beberapa waktu. Khabib akhirnya dijadwalkan kembali berhadapan dengan Ferguson pada 16 April 2016.

Sayang, saat itu giliran Ferguson cedera sehingga terpaksa digantikan oleh Darrel Horcher. Pada 12 November 2016 di UFC 205 di New York, Khabib mengalahkan Michael Johnson yang pernah menang melawan Tony Ferguson beberapa tahun sebelumnya. Khabib seharusnya juga kembali menghadapi Ferguson pada Maret 2017 namun jadwal tersebut batal untuk ketiga kalinya karena Khabib harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sakit saat latihan lari.

Selama karirnya, Khabib telah memenangkan berbagai ajang kejuaraan. Seperti Russian Championship Finalist, Eurasian Championship Hand-to-Hand Combat, Champion of Russia, Two-Time Combat Sambo World Champion, European Pankration Champion, NAGA World Grappling Champion Participated in M-1 Global tournaments and tournaments under the auspices of other organizations.

Reputasi Khabib Nurmagomedov melejit setelah mengalahkan petarung top UFC. Sebut saja Conor McGregor, dalam ajang UFC 229 pada 6 Oktober 2018. Khabib Nurmagomedov berhak mempertahankan sabuk juara kelas ringan (lightweight) UFC berkat kemenangannya melawan Gaethje. Kemenangan Khabib juga diwarnai sederet catatan impresif. Yakni dia tak terkalahkan dengan catatan kemenangan 29-0. Hingga akhirnya Khabib memutuskan pensiun usai usai duel kontra Gaethje. (*)


share on: