Komplotan Maling Motor di Samarinda Terendus, 8 Pelaku Diamankan Dalam Tempo 19 Hari

share on:
Kapolresta Samarinda Kombes Pol. Ary Fadli saat memimpin Press Release pengungkapan komplotan kasus Curanmor

UPDATEINDONESIA.COM- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Samarinda mengamankan delapan pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Dari para tersangka, polisi mengamankan barang bukti (BB) 28 unit sepeda motor. Ironisnya, tersangka rata-rata pria pengangguran. 

 

"Para tersangka diringkus dalam tempo 19 hari sejak Januari 2023," kata Kapolresta Samarinda Kombes Pol. Ary Fadli beberapa waktu lalu.

 

Kombes Ary mengatakan, pengungkapan sindikat ini berdasarkan hasil evaluasi jajarannya dalam menangani fenomena atau trend kasus Curanmor akhir-akhir ini yang semakin meningkat.

 

"Berdasarkan hasil evaluasi kita, Kasat Reskrim beserta jajarannya  membentuk Tim Khusus (Timsus) kasus Curanmor," tuturnya.

 

Walhasil, dari Timsus yang terbentuk, didapati tiga kelompok atau jaringan Curanmor yang kerap beraksi. Kemudian dari 28 BB yang diamankan, 8 unit di antaranya ditemukan di Samarinda. Selebihnya di kawasan Kutai Kartanegara.

 

"BB yang sudah diamankan rata-rata dicuri di parkiran seberang pusat perbelanjaan di Jalan Pangeran Untung Suropati," terang Kombes Pol. Ary.

 

Hasil curian rata-rata dijual atau dibuang ke daerah Muara Muntai dan Kota Bangun di Kabupaten Kutai Kartanegara. Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

 

"Kami imbau masyarakat di Samarinda untuk selalu memarkir kendaraannya, baik R2 maupun R4 dengan baik dan benar, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," tutup Kombes Pol. Ary. (*)