Korlantas Bakal Rilis SIM Pintar Dengan Sejumlah Fitur Canggih

share on:
Smart SIM (SIM pintar)

UPDATE.JAKARTA- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia kabarnya bakal merilis Smart SIM (surat izin mengemudi) berfitur canggih.

SIM pintar ini nantinya tidak hanya sekedar kartu lisensi mengemudi, melainkan bisa digunakan buat hal lain, seperti Fitur Uang elektronik (e-money), Rekam data forensik, Nomor telepon orang terdekat.

"Benar, SIM pintar ini akan di rilis pada hari Lalu Lintas Bhayangkara 22 September 2019," kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, seperti dikutip di laman uzone.id.

Refdi menjelaskan tampilan Smart SIM berbeda dari SIM konvensional sebelumnya. Panjang kartu Smart SIM sekitar 86 mm dengan lebar 53,96 mm. 

"Pada bagian atas kartu terdapat tulisan ‘Indonesia’ dan di bawahnya, terdapat tulisan ‘surat izin mengemudi’. Lalu logo Kepolisian ada di pojok kiri atas," lanjutnya. 

"Data pribadi, seperti nama, tempat tanggal lahir, golongan darah-jenis kelamin, tempat tinggal, dan pekerjaan terletak di bagian tengah, disertai foto pemilik Smart SIM di sebelah kirinya. Sementara bagian pojok kanan bawah, tertera masa berlaku SIM," terang Refdi. 

Sementar fitur Uang elektronik (e-money) yang terdapat pada Smart SIM bisa digunakan untuk membayar tol sehingga SIM pintar ini kian memudahkan. "Gak perlu lagi banyak-banyak kartu, khususnya e-Money yang biasa dipakai buat bayar tol, sebab fitur e-Money sudah tersedia di SIM pintar," lanjutnya. 

Khusus e-Money, Korlantas menggandeng empat perbankan nasional yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

“Nantinya bisa digunakan untuk e-money, bisa menjadi uang elektronik dan saldo yang kita siapkan maksimal Rp2 juta untuk melakukan transaksi apapun,” ujar Refdi.

Fitur lain yang tak kalah menarik ialah Kartu SIM pintar ini juga sudah disematkan chip yang bisa merekam semua data forensik pemiliknya.

“Semua data forensik kepolisian ada pada chip. Nantinya smart SIM ada chip-nya, sehingga semua data forensik itu ada, seperti data identitas kependudukan kita,” terang Refdi

Berbeda dari SIM konvensional yang hanya mencantumkan foto, nama, alamat, dan pekerjaan pemiliknya.

Fitur lain adalah bisa menyimpan nomor telepon orang terdekat. "Nah, karena penerapan chip itu juga, SIM pintar bisa menyimpan beberapa nomor telepon orang terdekat pemilik kartu tersebut," lanjutnya. 

"Data tersebut penting untuk diketahui kepolisian dan disimpan di dalam SIM untuk keperluan darurat," terang Refdi. (**/Rus).

Sumber : uzeone.id


share on: