Kursi Ketua MPR Resmi Milik Golkar

share on:
Politikus Golkar, Bambang Soesatyo Terpilih Jadi Ketua MPR 2019-2024

UPDATEINDONESIA.COM,- Politikus Partai Golkar sekaligus Ketua DPR RI periode 2015-2019 Bambang Soesatyo atau yang lebih akrab dengan sapaan Bomset terpilih sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024.

 

Bomset terpilih setelah mendapat dukungan 8 fraksi di MPR dan mengalahkan pesaingnya dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Muzani pada Sidang Paripurna MPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

 

"Kami Gerindra sudah sepakat usung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024," singkat Ketua Fraksi Gerindra di MPR Riza Patria, seperti dikutip CNN Indonesia.

 

Dengan demikian, Bamsoet akan ditemani sembilan wakil ketua MPR lainnya yang telah lebih dulu dilantik. Diantaranya Ahmad Basarah dari Fraksi PDIP, Ahmad Muzani dari Gerindra, Lestari Moerdijat dari Nasdem, Jazilul Fawaid dari PKB. Lalu, Syarief Hasan dari Demokrat, Hidayat Nur Wahid dari PKS, Zulkifli Hasan dari PAN, Arsul Sani dari PPP dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD.

 

Sebelumnya, hujan interupsi mewarnai jalannya pemilihan ketua MPR. Sidang paripurna yang awalnya dibuka sekitar pukul 19.40 WIB, harus diskors selama satu jam untuk lobi-lobi terakhir.

 

Setelah skors dicabut, Fraksi Gerindra di MPR mengubah arah dukungannya dari semula mengusung Muzani tetiba berbalik mendukung Bambang Soesatyo.

 

Riza menyebutkan keputusan itu diambil berdasarkan hasil konsultasi antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

 

"Prabowo dan Megawati sepakat untuk kepentingan lebih besar kami sepakat jaga MPR dalam forum musyawarah dalam memutuskan kebijakan penting," katanya.

 

Usai disetujui menjadi Ketua MPR, Bamsoet lantas menyalami satu per satu anggota MPR yang duduk di baris terdepan dalam sidang tersebut. Awalnya, Bamsoet terlebih dahulu menghampiri dan menyalami Ketua Umum NasDem, Surya Paloh.

 

Menyadari ada Airlangga Hartarto turut hadir dalam prosesi tersebut, sontak Bamsoet mengucapkan terima kasih kepada Airlangga.

 

"Terima kasih juga untuk ketua umum saya, Pak Airlangga Hartarto," kata Bamsoet melalui mikrofon yang ada di salah satu meja anggota MPR.

 

Bamsoet dan Airlangga belakangan ini disebut terlibat rivalitas perebutan kursi calon Ketua Umum Golkar. Bomset diisukan tengah menggalang dukungan untuk merebut kursi ketua umum partai beringin dari tangan Airlangga. (Rus

Sumber : CNN Indonesia


share on: